Jalan Ruas Bonglo-Pantilang di Luwu Buka Akses Wilayah Terisolir

Dibangun dari bantuan keuangan Pemprov Sulsel Rp39 miliar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyelesaikan proyek peningkatan jalan ruas Bonglo-Pantilang di Kecamatan Bastem utara, Kabupaten Luwu. Jalan itu diresmikan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, Rabu (30/8/2023).

Jalan itu merupakan jalur alternatif yang menghubungkan tiga daerah. Yaitu Kota Palopo serta Kabupaten Luwu dan Toraja. "Ini salah satu akses dari Luwu Raya menuju Toraja," kata Andi Sudirman dalam keterangan persnya, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Penjelasan Kemendagri soal Sosok Pj Gubernur Sulsel Pengganti Sudirman

1. Berasal dari bantuan keuangan Pemprov senilai Rp39 miliar

Jalan Ruas Bonglo-Pantilang di Luwu Buka Akses Wilayah TerisolirIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Andi Sudirman menyatakan proyek jalan tersebut diselesaikan berkat bantuan keuangan Pemprov Sulsel. Anggaran dialokasikan untuk tahun anggaran 2022 dan 2023.

"Selesainya penanganan jalan ini oleh Pemkab Luwu melalui bantuan keuangan Pemprov Sulsel TA 2022 dan 2023 total Rp39 miliar, untuk pengaspalan 10,6 Km. Alhamdulillah, dalam dua tahun kita bisa tangani dan tuntaskan," ucapnya.

2. Jalan terkoneksi dengan proyek lainnya

Jalan Ruas Bonglo-Pantilang di Luwu Buka Akses Wilayah TerisolirIlustrasi pengerjaan ruas jalan provinsi di Sulsel. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Andi Sudirman mengapresiasi Bupati Luwu Basmin Mattayang beserta jajaran. Dia menilai suksesnya realisasi bantuan keuangan tak terlepas dari kinerja pemerintah daerah setempat.

Jalan yang diresmikan akan terkoneksi dengan ruas jalan provinsi lainnya yang tengah dikerjakan. Yaitu jalan ruas Bua - batas Toraja Utara di Kabupaten Luwu, yang saat ini progres ditangani sepanjang 2,2 km.

3. Pembangunan jalan upaya membuka akses masyarakat terisolir

Jalan Ruas Bonglo-Pantilang di Luwu Buka Akses Wilayah TerisolirIlustrasi proyek jalan. IDN Times/Tunggul Kumoro

Dengan selesainya penanganan jalan ini, Gubernur berharap bisa membuka akses masyarakat terisolir. Sekaligus memperlancar akses mobilitas masyarakat dari dan ke Luwu maupun Toraja.

"Kami turut senang dengan kebahagian masyarakat dengan penanganan jalan ini. Hal ini sebagai wujud bukti pemerataan pembangunan yang berkeadilan dan secara bertahap," kata Gubernur.

Baca Juga: Ada Operasi Zebra Serentak Polda Sulsel, Catat Jadwalnya!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya