Ada Operasi Zebra Serentak Polda Sulsel, Catat Jadwalnya!

Upaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat berlalu lintas

Makassar, IDN Times - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan akan menggelar Operasi Zebra Pallawa 2023 secara serentak di seluruh wilayah hukumnya. Kegiatan berlangsung pada 4 hingga 17 September 2023.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gowa AKP Ida Ayu Made Ari mengatakan, pada pelaksanaan Operasi Zebra, petugas kepolisian mengedepankan upaya-upaya preemtif dan preventif. Yaitu berupa tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap lalu lintas.

“Operasi Zebra Pallawa 2023 tidak berorientasi kepada penindakan hukum. Namun kegiatan difokuskan terhadap kegiatan preemtif dan preventif serta humanis kepada masyarakat,” kata AKP Ida dalam keterangannya yang dikutip, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga: Viral Siswa SD Gowa Suapi Temannya yang Difabel, Banjir Komentar Haru

1. Upaya menekan potensi kecelakaan lalu lintas

Ada Operasi Zebra Serentak Polda Sulsel, Catat Jadwalnya!Ilustrasi Operasi Zebra 2022. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

AKP Ida menjelaskan, Operasi Zebra merupakan langkah cipta kondisi keamanan dan keselamatan tertib lancar berlalu lintas. Operasi ditujukan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Langkah tersebut guna menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Kami harap dengan adanya Operasi Zebra ini, kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap lalu lintas semakin meningkat,” ucapnya.

2. Polisi mulai sosialisasikan rencana Operasi Zebra

Ada Operasi Zebra Serentak Polda Sulsel, Catat Jadwalnya!Polres Gowa sosialisasikan kegiatan Operasi Zebra Pallawa 2023 yang digelar serentak di Sulsel pada 4-17 September 2023. (Dok. Polres Gowa)

Sejak Senin (28/8/2023), petugas Satuan Lalu Lintas Polres Gowa mulai bersosialisasi tentang rencana Operasi Zebra Pallawa 2023. Sosialisasi menyasar berbagai pengguna jalan, seperti tukang ojek online, becak motor, hingga pelajar.

Lewat sosialisasi, AKP Ida berharap masyarakat pengguna jalan teredukasi agar lebih tertib dan disiplin dalam berlalu lintas. Dia berharap masyarakat, terutama di Gowa, tertib tidak hanya saat ada operasi saja. "Namun setiap berkendara, sehingga mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas,” katanya.

3. Sasaran Operasi Zebra 2023

Ada Operasi Zebra Serentak Polda Sulsel, Catat Jadwalnya!ilustrasi lalu-lintas yang padat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Satlantas Polres Gowa mewanti para pengguna jalan agar tertib dan mematuhi aturan berlalu lintas. Operasi Zebra Pallawa 2023 digelar dengan beberapa target sasaran.

Kasat Lantas mengimbau pengendara menghindari berbagai pelanggaran, antara lain dengan tetap menggunakan helm berstandar SNI, tidak memberikan kendaraan kepada anak dibawah umur, tidak bermain handphone saat berkendara. Pengendara juga diingatkan tidak melawan arus dan berkendara tidak dalam pengaruh minuman keras.

Baca Juga: Tilang Ditransfer ke Rekening Pribadi, Polres Gowa: Cuma Membantu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya