Ilham Arief Sirajuddin Siap Bantu Menangkan Airlangga di Pilpres 2024

Airlangga dijadwalkan hadiri pengukuhan relawan akhir Juli

Makassar, IDN Times - Eks Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menyatakan siap menjalankan tugas memenangkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Pemilihan Presiden 2024. Airlangga merupakan salah satu kandidat yang masuk bursa capres.

IAS mengatakan, dia yang memutuskan bergabung kembali dengan Golkar akan siap dengan amanah yang dipercayakan partai. Selain mengawal memenangkan Airlangga, dia juga menyatakan siap memenangkan Golkar pada Pemilu Legislatif di Sulawesi Selatan.

"Kan dulu diminta sebagai ketua koordinator pemenangan. Soal bagaimana model SK atau lainnya (tunggu SK DPP), namun saya bertekad dengan konsekuensi sebagai kader siap berjuang memenangkan partai," kata IAS pada acara pengukuhan Prof Zakir Sabara sebagai Guru Besar Teknik Kimia Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Nurdin Halid Dorong IAS Pimpin Golkar Sulsel

1. Airlangga dijadwalkan ke Makassar akhir Juli

Ilham Arief Sirajuddin Siap Bantu Menangkan Airlangga di Pilpres 2024Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

IAS menjelaskan, memasuki tahun-tahun politik menuju Pemilu 2024, setiap partai sudah sewajarnya fokus menyiapkan berbagai hal agar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Begitu pun Partai Golkar yang akan kembali fokus mematangkan persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Airlangga, kata IAS, dijadwalkan ke Makassar pada akhir Juli 2022. Airlangga akan mengukuhkan IAS sebagai Ketua Koordinasi Pemenangan Airlangga dan Partai Golkar di Sulsel.

"Saat kita ketemu ketua (Airlangga di Jakarta) diminta jika ada waktu bisa ke Makassar sekaligus pengukuhan relawan partai dan pilpres. Beliau (Airlangga) mengaku atur saja dan rencananya akhir Juli 2022," kata IAS dilansir Antara.

2. Posisi IAS di luar komando Golkar Sulsel

Ilham Arief Sirajuddin Siap Bantu Menangkan Airlangga di Pilpres 2024IDN Times/Abdurrahman

Sebelumnya Wakil Ketua Umum DPP Golkar bidang Pratama HAM Nurdin Halid, telah membeberkan rencana kedatangan Airlangga Hartarto ke Makassar untuk mengukuhkan tugas baru IAS.

Posisi IAS di bawah tanggung jawab Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Sulawesi DPP Golkar Muhidin M Said. Keberadaannya di luar komando Golkar Sulsel yang dipimpin Taufan Pawe.

IAS pernah memimpin Golkar memenangkan pemilu 2009 di Sulsel. Selama kepemimpinannya, Golkar berhasil meraih 18 kursi DPRD Sulsel. Saat itu IAS menjabat Plt Ketua DPD I Golkar Sulsel melanjutkan kepemimpinan Amin Syam.

3. IAS disebut kader Golkar tulen

Ilham Arief Sirajuddin Siap Bantu Menangkan Airlangga di Pilpres 2024Nurdin Halid mengukuhkan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) sebagai kader Golkar. IDN Times/Asrhawi Muin

Ilham Arief Sirajuddin kembali ke Partai Golkar usai mengundurkan diri sebagai kader Partai Demokrat. Menurut Nurdin Halid, meski sempat berganti kostum, IAS merupakan kader Golkar tulen.

"Persoalan pernah kontrak rumah itu soal lain. Itu soal kebutuhan, bukan soal idealisme," ucapnya.

Nurdin menyebut dia dan IAS sama-sama membesarkan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Dan pada Pemilu 1997, saat Golkar menang telak di Sulsel, itu sebagian besar karena kontribusi AMPI.

"Sesudah itu dia (Ilham) jadi ketua Golkar Kotamadya (Makassar), kemudian suaranya meningkat. Baru dia jadi wali kota, baru dia jadi Ketua Golkar provinsi," Nurdin meneruskan.

Baca Juga: Jamu IAS, Airlangga Titip Pesan untuk Kader Golkar Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya