Comscore Tracker

Nurdin Halid Dorong IAS Pimpin Golkar Sulsel

Ilham Arief Sirajuddin disebut kader Golkar tulen

Makassar, IDN Times - Tokoh politik Nurdin Halid mendorong Ilham Arief Sirajuddin (IAS) memimpin Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Selatan. Menurut Nurdin, Golkar butuh figur pemimpin seperti Ilham untuk menghadapi tantangan di Pemilihan Umum 2024.

Nurdin yang kini menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar menilai, saat ini partai-partai lain tengah dalam posisi mengancam untuk merebut kejayaan partai berlogo beringin. Karena itu Golkar butuh pemimpin yang berpengalaman agar tidak kehilangan posisinya sebagai partai terbesar di Sulsel.

"Dan menurut saya,kader Golkar yang berpengalaman itu namanya Ilham. Kalau Golkar mau tetap eksis di 2024, ini yang mesti disadari oleh kader-kader Golkar di Sulawesi Selatan," kata Nurdin Halid di Makassar, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Jamu IAS, Airlangga Titip Pesan untuk Kader Golkar Sulsel

1. IAS disebut kader Golkar tulen

Nurdin Halid Dorong IAS Pimpin Golkar SulselNurdin Halid mengukuhkan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) sebagai kader Golkar. IDN Times/Asrhawi Muin

Ilham Arief Sirajuddin kembali ke Partai Golkar usai mengundurkan diri sebagai kader Partai Demokrat. Menurut Nurdin, meski sempat berganti kostum, IAS merupakan kader Golkar tulen.

"Persoalan pernah kontrak rumah itu soal lain. Itu soal kebutuhan, bukan soal idealisme," ucapnya.

Nurdin menyebut dia dan IAS sama-sama membesarkan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Dan pada Pemilu 1997, saat Golkar menang telak di Sulsel, itu sebagian besar karena kontribusi AMPI.

"Sesudah itu dia (Ilham) jadi ketua Golkar Kotamadya (Makassar), kemudian suaranya meningkat. Baru dia jadi wali kota, baru dia jadi Ketua Golkar provinsi," Nurdin meneruskan.

2. Airlangga segera lantik IAS jadi ketua tim pemenangan

Nurdin Halid Dorong IAS Pimpin Golkar SulselKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Nurdin Halid mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan ke Makassar pada akhir Juli 2022. Agendanya untuk melantik IAS sebagai ketua tim pemenangan wilayah Sulawesi pada Pilpres 2024. 

NH mengatakan IAS ditunjuk langsung oleh Airlangga saat bertemu di Jakarta beberapa waktu lalu. Posisi tim pemenangan itu beraga di bawah Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar.

"Pada saat ini dibutuhkan pemimpin yang militan dan paham organisasi dan taat berorganisasi, taat asas berorganisasi," kata Nurdin.

3. Kembali ke Golkar usai urung pimpin Demokrat Sulsel

Nurdin Halid Dorong IAS Pimpin Golkar SulselIlham Arief Sirajuddin berfoto bersama Ni'matullah saat Musda ke-IV DPD Partai Demokrat Sulsel di Hotel Four Points Makassar, Rabu (22/12/2021). IDN Times/Istimewa

Nurdin Halid mengukuhkan Ilham Arief Sirajuddin sebagai kader Partai Golkar, pada akhir Mei lalu. IAS kembali ke Golkar usai urung memimpin Partai Demokrat Sulsel.

IAS maju pada pemilihan ketua di Musyawarah Daerah Partai Demokrat Sulsel. Dia meraup suara terbanyak, namun DPP Demokrat memutuskan memilih kandidat pesaing IAS, yakni Ni'matullah.

IAS memutuskan kembali ke Golkar, partai yang pernah dipimpinnya selama tiga tahun sebelum berlabuh ke Demokrat. 

Baca Juga: Menakar Efek Kembalinya IAS ke Golkar, Berpeluang Maju Pilgub Sulsel?

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya