HUT RI, Polisi Cegat Pendaki ke Gunung Bawakaraeng dan Tanralili

Yang nekat siap-siap putar balik!

Makassar, IDN Times - Polres Gowa, Sulawesi Selatan, mengingatkan masyarakat, khususnya kalangan pecinta alam, agar tidak merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Gunung Bawakaraeng dan Danau Tanralili.

Pemerintah Kabupaten Gowa melarang kunjungan ke lokasi wisata seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Imbauan dan larangan tertuang dalam Surat Edaran Bupati Gowa Nomor: 443/207/Tapem, yang diteken Bupati Adnan Purichta Ichsan pada 10 Agustus 2021.

"Mengimbau kepada seluruh pecinta alam yang berencana akan merayakan hari kemerdekaan republik Indonesia ke-76 di gunung Bawakaraeng dan danau Tanralili di kabupaten Gowa tidak memaksakan kehendak" kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Pecahkan Rekor, 15 ribu Pendaki Peringati HUT RI di Gunung Bawakaraeng

1. Polisi dirikan pos penyekatan di jalur utama dan alternatif

HUT RI, Polisi Cegat Pendaki ke Gunung Bawakaraeng dan TanraliliHutan pinus di Desa Lembanna, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, disesaki orang jelang peringatan HUT ke-71 Republik Indonesia. Dok. SAR Unhas

Tambunan mengatakan, Polres gowa akan mengantisipasi antusiasme pewisata, khususnya pecinta alam, dengan mendirikan posko penyekatan. Jajaran di Polsek Tinggimoncong dan Polsek Tompobulu setidaknya membuat empat posko penyekatan di jalur utama maupun alternatif menuju kawasan Gunung Bawakaraeng.

"Tidak memaksakan kehendak melakukan kunjungan wisata baik melalui jalan poros maupun jalan alternatif ke wilayah wisata di kabupaten Gowa karena tim gabungan akan memutar balikkan, kata Tambunan.

2. Pendaki sebaiknya mengurungkan niat

HUT RI, Polisi Cegat Pendaki ke Gunung Bawakaraeng dan TanraliliPersonel gabungan Kecamatan Tinggimoncong mengawasi pendaki Gunung Bawakaraeng dalam penegakan protokol kesehatan. IDN Times/Polsek Tinggimoncong

Tambunan meminta masyarakat menaati aturan yang berlaku terkait PPKM di Kabupaten Gowa. Bagi yang ingin merayakan HUT Kemerdekaan RI di gunung, sebaiknya mengurungkan niatnya.

Posko penyekatan sudah mulai berdiri hari ini, seiring bertugasnya tim gabungan. "Daripada anda tetap diputarbalikkan saat akan memasuki lokasi wisata di kecamatan Tinggimoncong, sebaiknya urungkan niat melakukan ekspedisi ke gunung Bawakaraeng dan danau Tanralili," ucapnya.

3. Gunung Bawakaraeng tujuan favorit di momen 17 Agustus

HUT RI, Polisi Cegat Pendaki ke Gunung Bawakaraeng dan Tanraliliinstagram.com/faphy_

Gunung Bawakaraeng merupakan salah satu daerah yang kerap jadi tujuan favorit pada liburan HUT Kemerdekaan RI setiap 17 Agustus. Kawasan itu ramai dikunjungi, baik di puncak maupun di sejumlah lembah.

Pada tahun 2020 lalu, di tengah pandemik, tercatat 15 ribu lebih orang memadati kawasan Gunung Bawakaraeng pada momen HUT RI. Jumlah itu memecahkan rekor selama ini.

Imbasnya kemudian, petugas memutuskan menutup jalur pendakian pos 5 hingga ke puncak gunung karena dipadati orang atau penuh.

Baca Juga: 5 Ribu Orang Peringati Hari Sumpah Pemuda di Gunung Bawakaraeng

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya