Comscore Tracker

Gerindra di Sulsel Mulai Deklarasi Prabowo Capres

Deklarasi dimulai dari Kota Parepare

Makassar, IDN Times- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Selatan memulai deklarasi Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai kandidat calon presiden. 

Sekretaris DPD Gerindra Sulsel Darmawangsyah Muin mengatakan deklarasi diawali dari Kota Parepare. Agendanya dirangkaikan dengan pelantikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Parepare Surianto, pada Rabu (27/7/2022).

"Kita minta pelantikannya dimeriahkan, jadi sekalian kita deklarasi awal untuk pak Prabowo di Parepare. Kebetulan juga Kota Parepare kota kelahiran mantan presiden kita," kata Darmawangsyah Muin di Makassar, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: Gerindra Beber Alasan Tunda Rapimnas: Bakal Usung Prabowo dan Koalisi

1. Agenda deklarasi berlanjut di daerah lain

Gerindra di Sulsel Mulai Deklarasi Prabowo CapresKetua DPRD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras. IDN Times/Aan Pranata

Darmawangsyah mengatakan, deklarasi diawali di Parepare dan bakal berlanjut di kabupaten dan kota lain di Sulsel. Deklarasi sudah diagendakan dalam waktu dekat.

"Kita bakal melakukan pelantikan DPC di seluruh Sulsel sambil mendeklarasikan pak Prabowo," ucapnya.

Dalam pemenangan nantinya pihaknya akan membentuk tim sendiri walau saat ini sudah ada sinyal untuk melakukan koalisi dengan PKB. "Kalau koalisi kita akan membentuk dengan baik. Tapi kita juga pasti di partai memiliki tim pemenangan tersendiri," jelasnya.

2. Ketua Gerinda Parepare siap menangkan Prabowo

Gerindra di Sulsel Mulai Deklarasi Prabowo CapresKetua DPC Gerindra Suslel Surianto (kiri). (IDN Times/Aan Pranata)

Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras melantik Ketua DPC Parepare Surianto di Lapangan Sumpang Minangae, Parepare, Rabu lalu. Pada pelantikan, Andi Iwan menugaskan kadernya di Parepare bekerja keras memenangkan partai di Pemilu 2024. DPC Parepare juga diminta turut bekerja mengantarkan Prabowo Subianti menjadi calon presiden.

Surianto optimistis partainya bisa bisa bersaing di Pemilu 2024. Targetnya meraih setidaknya lima kursi di DPRD Parepare.

"Karena itu (syarat) minimal untuk mengusung sendiri (calon wali kota di pilkada). Gerindra siap memenangkan Prabowo di Parepare," katanya.

3. Kader Gerindra wajib sosialisasikan Prabowo capres

Gerindra di Sulsel Mulai Deklarasi Prabowo CapresANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya Andi Iwan Darmawan Aras, menyatakan Gerindra di Sulsel solid mendukung Prabowo sebagai kandidat capres. Dia mengklaim para kader Gerindra secara otomatis akan mendukung Prabowo untuk maju di pentas politik lima tahunan itu.

Iwan menegaskan semua kader Gerindra wajib hukumnya turut sosialisasi dan mendeklarasikan Prabowo sebagai capres.

"Jadi semua fungsionaris, pengurus partai baik tingkat provinsi, kabupaten/kota sampai ke tingkatan ranting juga sudah mensosialisasikan beliau," kata Iwan.

Iwan optimistis Prabowo bisa mendulang suara mayoritas di Sulsel. Pada pilpres 2019 lalu, Prabowo Subianto yang kala itu berpasangan dengan Sandiaga Uno mendulang suara dari Sulsel.

Saat itu, Prabowo-Sandi berhasil meraih 57 persen suara di Sulsel atau 2.809.393. Pasangan ini unggul dari pasangan Jokowi-Ma'ruf dengan perolehan suara 43 persen atau 2.117.591 persen.

"Tentu kita berupaya untuk lebih besar lagi untuk meraih itu. Sedapat mungkin kita akan mempertahankan, meningkatkan pencapaian-pencapaian yang sebelumnya," katanya. 

Baca Juga: Gerindra Akan Tanya Kesiapan Prabowo Maju Capres 2024 di Rapimnas 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya