Gerakan Unhas Hijau Warnai Penerimaan Maba Tahun 2023

Kampus Unhas satu-satunya hutan kota di Makassar

Makassar, IDN Times - Universitas Hasanuddin mempersiapkan penyambutan mahasiswa baru periode 2023/2024. Rencananya, kegiatan yang digelar pada 14 hingga 19 Agustus 2023 akan dikemas dalam kegiatan bertajuk “Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)”.

PKKMB merupakan suatu tahapan menyiapkan mahasiswa baru Unhas melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Selain penyambutan mahasiswa baru oleh civitas akademika Unhas, PPKMB Unhas kali ini menginisiasi gerakan Unhas Hijau dengan tagline “Selamatkan Bumi, Selamatkan Masa Depan”.

Baca Juga: Tegas, Rektor Unhas Keluarkan 7 Mahasiswa Tawuran dan Merusak Kampus

1. Gerakan Unhas Hijau menyasar kawasan sekitar kampus

Gerakan Unhas Hijau Warnai Penerimaan Maba Tahun 2023Patung nama serta taman yang terletak di pintu masuk menuju Kampus Tamalanrea Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Muhammad Ruslin mengatakan bahwa gerakan Unhas Hijau ini tidak hanya menyasar Unhas. Melainkan juga di beberapa wilayah sekitar Unhas yang melibatkan mahasiswa baru.

“Maba Unhas dihimbau untuk ikut menghijaukan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka,” kata Prof. Ruslin dalam keterangan pers yang dikutip, Senin (7/8/2023).

Lebih jauh Prof Ruslin menjelaskan bahwa gerakan Unhas Hijau dengan tagline “Selamatkan Bumi, Selamatkan Masa Depan” tak hadir begitu saja. Melainkan ada sejarah panjang Unhas yang sejak dulu mengusung gerakan sebagai kampus hijau.

Hal tersebut diawali pada tahun 2006 dengan penanaman pohon oleh Presiden SBY yang sekaligus menandakan dimulainya gerakan Unhas sebagai kampus hijau. Kemudian pada tahun 2017 Unhas ditetapkan sebagai hutan kota dan menjadi satu-satunya hutan kota di wilayah Kota Makassar.

2. Kampus Unhas satu-satunya hutan kota di Makassar

Gerakan Unhas Hijau Warnai Penerimaan Maba Tahun 2023Wakil Rektor I Universitas Hasanuddin Makassar, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K). (Dok. Biro Komunikasi Unhas)

Sebagai hutan kota, Universitas Hasanuddin memiliki iklim yang berbeda dengan wilayah sekitarnya. Suhu udara di Unhas juga lebih rendah dengan kualitas udara yang lebih baik. Selain itu, kejadian hujan di wilayah Unhas sangat unik, terkadang terjadi perbedaan waktu datang hujan dibandingkan dengan wilayah lain sekitar Unhas yang masih terik.

Selain itu, menurut pantauan udara, Unhas memiliki pohon dengan kerapatan yang bervariasi dengan mayoritas terlihat sedang hingga tinggi. Kerapatan yang tinggi bisa ditemukan di beberapa titik, utamanya kawasan hutan kota Unhas. Hutan kota Unhas memiliki nilai manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Makassar. Selain sebagai paru-paru kota, hutan kota juga memiliki nilai ekonomi, kesehatan, dan resapan air.

3. Upaya menanamkan gerakan cinta lingkungan

Gerakan Unhas Hijau Warnai Penerimaan Maba Tahun 2023Papan nama Universitas Hasanuddin (Unhas) di Jalan Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulsel, Sabtu (10/9/2022). IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Hutan kota Unhas juga bermanfaat mengurangi degradasi lingkungan kota yang diakibatkan oleh pembangunan. Selain mempunyai fungsi perbaikan lingkungan hidup, hutan kota juga memiliki nilai estetika.

Semakin banyaknya bangunan, keberadaan ruang terbuka hijau menjadi terbatas. Sehingga, juga ikut berpengaruh pada ketidakseimbangan ekosistem, seperti rusaknya fungsi resapan air dan lain-lain.

“Sehingga, gerakan Unhas Hijau yang menjadi tema utama pada PKKMB 2023 ini sangat penting, guna menanamkan gerakan cinta lingkungan ke mahasiswa baru sejak hari pertama mereka diterima di kampus,” ungkap Prof Ruslin.

Baca Juga: Proyek Rumah Olah UKM Start Up Unhas, Solusi Masalah Sampah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya