Gegana Musnahkan Temuan Granat Aktif di Toraja Utara

Granat dievakuasi ke lokasi aman untuk dimusnahkan

Makassar, IDN Times - Tim penjinak bom Detasemen Gegana Satuan Brimob Sulawesi Selatan memusnahkan sebuah granat aktif di Panga', Kecamatan Tondon, Kabupaten Toraja Utara, Sabtu pagi (22/10/2022).

Granat bercincin itu pertama ditemukan seorang warga di samping warung penjualan daging miliknya, Jumat siang (21/10/2022). Lokasinya di jalan poros Rantepao-Palopo, Kecamatan Tallunglipu, Toraja Utara.

Baca Juga: Rangka Jembatan Darurat Dipasang di Rampoang

1. Granat kondisi berkarat, diduga peninggalan perang

Gegana Musnahkan Temuan Granat Aktif di Toraja UtaraIlustrasi granat. (Pixabay.com/njellL)

Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso mengatakan, pihaknya menerima laporan warga soal temuan granat itu pada Jumat siang. Petugas Polres langsung menuju lokasi dan memasang garis polisi. Lokasi diamankan sembari menunggu kehadiran tim Jibom Gegana Brimob Sulsel.

Pada Sabtu pagi, personel tim Jibom tiba di lokasi dan langsung mengevakuasi temuan tersebut. Granat dipindahkan ke lokasi yang dianggap aman untuk kemudian dimusnahkan.

Kapolres mengatakan, menurut pengecekan secara fisik oleh operator tim Jibom, granat itu sudah sangat berkarat namun diketahui masih aktif. Bahan peledak itu merupakan jenis granat nanas.

“Granat tersebut merupakan granat fragmentasi yang apabila meledak atau terpicu akan menimbulkan pecahan fragmentasi hingga 50 meter, Biasanya digunakan pasukan dalam sebuah kepentingan perang," kata Kapolres dalam keterangannya, Sabtu.

2. Granat dimusnahkan di lokasi aman

Gegana Musnahkan Temuan Granat Aktif di Toraja UtaraIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kapolres menjelaskan, tim Jibom mengevakuasi granat dengan membungkusnya menggunakan bomb blanket. Granat dipindahkan ke lokasi dianggap aman, yakni di Panga', Kecamatan Tondon. Di sana, granat dimusnahkan sesuai prosedur.

Pemusnahan alias disposal granat disebut berakhir lancar dengan pengamanan ketat dari Polres Toraja Utara.

3. Warga diminta melapor jika ada temuan serupa

Gegana Musnahkan Temuan Granat Aktif di Toraja UtaraFoto hanya ilustrasi. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Usai pemusnahan granat, tim Jibom mengevakuasi serpihan-serpihan benda itu. Tim kemudian menyisir kawasan sekitar lokasi penemuan untuk memastikan tidak ada lagi benda sejenis.

“Diimbau kepada warga, jika menemukan atau pun menyimpan sejenis bahan peledak yang berpotensi membahayakan serta mengancam nyawa agar melaporkannya kepada pihak Kepolisian untuk dilakukan penanganan," kata Kapolres.

Baca Juga: Kimberly, Bayi 4 Bulan di Palopo Wakili  Orang Tuanya Wisuda

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya