Rangka Jembatan Darurat Dipasang di Rampoang

Jembatan ambruk memutus akses Palopo-Luwu Utara

Makassar, IDN Times - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sulawesi Selatan memasang rangka jembatan darurat di lokasi jembatan Rampoang, Kota Palopo.

Sebelumnya, Jembatan penghubung antara Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Utara itu ambruk setelah air Sungai Pikun meluap akibat tingginya intensitas hujan. Kini didirikan rangka jembatan bailey berbahan baja ringan portabel.

"Saat ini sedang dilakukan perakitan rangka bailey, diharapkan perakitan sekaligus pemasangan akan selesai dalam waktu 10 hari dan dilakukan uji coba pembukaan lalu lintas," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulsel Reiza Setiawan, Jumat  (21/10/2022).

Baca Juga: Air Sungai Meluap, Jembatan Rampoang di Palopo Ambruk

1. Akses kendaraan terputus

Rangka Jembatan Darurat Dipasang di RampoangKondisi Jembatan Rampoang di Kota Palopo yang putus akibat meluapnya Sungai Pikun, Selasa (18/10/2022). IDN Times/Istimewa

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyatakan bahwa rangka bailey ini dipasang supaya akses masyarakat tidak terganggu. Ambruknya Jembatan Rampoang ini seketika memutus jalur transportasi. Jembatan ini berada pada lintas tengah Sulsel pada ruas jalan batas Kota Palopo-Kabupaten Luwu Utara. 

"Saat ini tengah dilakukan pemasangan rangka bailey sebagai jembatan sementara di Jembatan Rampoang atau Salu Pikun yang terputus," kata Sudirman.

2. Gubernur Sulsel minta masyarakat bersabar

Rangka Jembatan Darurat Dipasang di RampoangGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Pemasangan rangka bailey ini didukung pihak kepolisian dan pemerintah daerah setempat karena membantu mengatur lalu lintas di area lokasi. Sudirman berharap masyarakat mendukung kelancaran proses penanganan jembatan darurat ini.

Dia mengatakan bahwa proses pengerjaan jembatan sementara itu tentu akan memakan waktu. Untuk itu, dia meminta masyarakat lebih bersabar.

"Tetap tenang dan tidak panik serta berdoa semoga Allah Subhana Wa Ta'ala memudahkan kita semua dalam pemulihan kondisi ini. Aamiin," katanya.

3. Lalu lintas dialihkan sementara

Rangka Jembatan Darurat Dipasang di RampoangPemasangan rangka bailey di Jembatan Rampoang Palopo, Jumat (21/10/2022). IDN Times/Istimewa

Jembatan Rampoang putus total sejak Selasa 18 September 2022 malam. Jembatan ini ambruk usai talut penyangganya amblas lantaran tak mampu membendung derasnya air Sungai Pikun yang meluap.

Satlantas Kota Palopo pun menutup dan mengalihkan arus lalu lintas. Untuk sementara, arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif melalui Perumnas Rampoang. 

Dari arah Palopo, jalur alternatif dapat diakses pada KM 382+800 tepatnya di simpang Indomaret Rampoang. Sementara dari arah Masamba dapat diakses pada KM 383+450 tepatnya di simpang Lapangan Bola Togulung.

Baca Juga: Palopo Banjir karena Sungai Latuppa Meluap saat Hujan Deras

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya