Edukasi, Relawan Nelayan Ganjar Beri Penyuluhan Pelestarian Air

Relawan fokus bergerak di kalangan warga pesisir Sulsel

Makassar, IDN Times - Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan yang berisi relawan Ganjar Pranowo, bersilaturahmi dengn kelompok pelaut di Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Kamis (18/5/2023).

Pada kegiatan itu, relawan mengadakan penyuluhan seputar pelestarian lingkungan air yang jadi tempat para pelaut bekerja. Mereka sekaligus memperkenalkan figur Ganjar Pranowo sebagai salah satu kandidat di Pemilihan Presiden 2024.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Indra Gunawan menerangkan bahwa pelestarian lingkungan sangat penting untuk menunjang kehidupan masyarakat pesisir. Lingkungan air yang tercemar bisa berdampak pada kehidupan, terutama nelayan yang mencari nafkah di laut. Di Desa Ujung Baji, sebagian nelayan juga bekerja budidaya rumput laut, yang pertumbuhannya sangat dipengaruhi kondisi lingkungan di sekitarnya. 

"Kami harus mengerti bahwa air termasuk dalam lingkungan hidup. Untuk menetapkan lingkungan hidup itu bersih, kita ingin mengajak masyarakat secara bersama-sama untuk bekerja kolektif menjaga kelestarian air," kata Indra, dalam siaran persnya yang diterima, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga: Srikandi Ganjar Sulsel Ajak Perempuan Muda Produktif

1. Nelayan diingatkan menghindari penggunaan bahan kimia

Edukasi, Relawan Nelayan Ganjar Beri Penyuluhan Pelestarian AirIlustrasi budidaya rumput laut. IDN Times/Wayan Antara

Beberapa imbauan disampaikan oleh relawan untuk menjaga kelestarian lingkungan air. Mulai dari tidak membuang sampah dan segala jenis limbah ke laut, merawat tanaman di laut, hingga menghindari penggunaan bahan kimia yang berpotensi mencemari air laut.

Karena mayoritas nelayan di sana adalah pembudi daya rumput laut, relawan juga menghadirkan pemateri yang memberiku penyuluhan tata kelola budi daya rumput laut yang baik dan benar.

"Jadi tujuannya itu kami harap masyarakat Takalar ini lebih giat dan bersemangat untuk melakukan metode tata cara kelola rumput laut dengan ramah lingkungan," ujar Indra.

2 Relawan memberikan sejumlah bantuan

Edukasi, Relawan Nelayan Ganjar Beri Penyuluhan Pelestarian AirKomunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan menggalang dukungan warga pesisir untuk kandidat presiden Ganjar Pranowo. (Dok. Istimewa)

Pada acara penyuluhan, relawan juga memberikan bantuan sejumlah rope, tali yang diguncang para nelayan sebagai media budidaya rumput laut. Bantuan tersebut ditunjukkan untuk mendukung aktivitas sekaligus meningkatkan produksi para pelaut.

Ini menjadi salah satu aksi para relawan dalam rangkaian kegiatan mereka yang bertujuan menyejahterakan kelompok-kelompok nelayan kecil di Sulsel. Indra menyebut kegiatan ini diselenggarakan karena terinspirasi dari figur Ganjar Pranowo yang sangat peduli pada nelayan-nelayan kecil.

"Pak Ganjar itu peduli terhadap lingkungan, terkhusus di masyarakat pesisir dan kepulauan. Jadi beberapa kegiatan dari Pak Ganjar itu fokus pada bidang pembantuan masyarakat nelayan," jelas Indra.

3. Relawan bergerak menggalang dukungan masyarakat pesisir

Edukasi, Relawan Nelayan Ganjar Beri Penyuluhan Pelestarian AirGubernur Jateng Ganjar Pranowo berbincang dengan warga Desa Bulupayung Cilacap karena ada laporan jalan desa rusak parah. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel menggelar berbagai kegiatan bagi masyarakat pesisir. Tak hanya sekadar sosialisasi, mereka juga mengadakan serangkaian pelatihan untuk peningkatan kapasitas nelayan.

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel menggelar berbagai kegiatan bagi masyarakat pesisir. Tak hanya sekadar sosialisasi, mereka juga mengadakan serangkaian pelatihan untuk peningkatan kapasitas nelayan. Relawan ini berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan bermanfaat lainnya untuk masyarakat pesisir di berbagai kabupaten di Sulsel.

"Rencana selanjutnya itu, kami masih akan menyosialisasikan komunitas, yang insyaallah komunitas ini bersifat positif untuk lingkungan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir." kata Indra.

Baca Juga: Komunitas Nelayan Pesisir Makassar soal Capres: Kami Pilih yang Peduli

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya