Dapil 'Neraka', Peta Persaingan Caleg DPR RI di Dapil Sulsel II

Setidaknya empat eks kepala daerah bertarung menuju Senayan

Makassar, IDN Times - KPU RI baru saja mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pemilu 2024. Jumlah calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang ditetapkan mencapai 9.917 orang, sementara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI memiliki 668 calon.

Fokus kita berpindah ke Sulawesi Selatan, di mana KPU menetapkan 406 calon anggota DPR RI. Angka ini terbagi rata dengan 137 calon untuk Daerah Pemilihan Sulsel I, 148 calon untuk Sulsel II, dan 123 calon pada Sulsel III. Sementara itu, untuk DPD, KPU menetapkan 18 calon asal Sulsel.

Di Daerah Pemilihan Sulsel II, kita melihat keberagaman tokoh yang mencalonkan diri, mulai dari elite partai politik, eks kepala daerah, hingga istri dan anak pejabat maupun eks pejabat. Sebanyak 18 partai politik turut ambil bagian dalam perjuangan meraih kursi di Senayan untuk periode 2024-2029.

Baca Juga: Peta Kekuatan Caleg DPR RI Dapil Sulsel I, Tujuh Petahana Maju Lagi

1. Delapan dari sembilan petahana mencalonkan kembali

Dapil 'Neraka', Peta Persaingan Caleg DPR RI di Dapil Sulsel II(IDN Times/Sukma Shakti)

Sejak Pemilu 2019, Dapil Sulsel II diwakili sembilan anggota DPR RI. Dapil ini terdiri dari Kota Parepare dan delapan kabupaten, yaitu Barru, Bulukumba, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai, Soppeng, dan Wajo.

Pada Pemilu teranyar, Golkar mengirimkan dua wakilnya dari dapil Sulsel II, yaitu Andi Rio Idris Padjalangi dan Supriansa. Delapan parpol memiliki masing-masing satu wakil, yaitu Andi Muawiyah Ramly (PKB), Andi Iwan Darmawan Aras (Gerindra), Samsu Niang (PDIP), Hasnah Syams (NasDem), Andi Akmal Pasluddin (PKS), M. Aras (PPP), dan Andi Yuliani Paris (PAN).

Dari sembilan petahana, satu tidak lagi mencalonkan pada Pemilu 2024, yaitu Hasnah Syams. Istri Bupati Barru Suardi Saleh itu kabarnya bakal bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

2. Perang bintang di Sulsel II, dari elite parpol hingga kepala daerah bersaing

Dapil 'Neraka', Peta Persaingan Caleg DPR RI di Dapil Sulsel IIIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Para petahana di Dapil Sulsel II dipastikan tidak akan mudah mempertahankan kursinya di Senayan. Sebab di daftar caleg ada banyak penantang, yang merupakan nama-nama populer dan memiliki riwayat di peta politik Sulsel. Ada yang berstatus eks kepala daerah, elite parpol, hingga jenderal pensiunan Polri.

Di PKB, ada nama eks Wakil Bupati Pangkep Rahman Assagaf serta eks Anggota DPRD Sulsel Wawan Mattaliu. Di Gerindra, putra Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman, meramaikan persaingan. Sedangkan Di PDIP, petahana Samsu Niang bersaing dengan mantan staf ahli Panglima TNI, Mayjen TNI (Purn.) Gunawan Pakki.

Persaingan sengit tersaji di daftar caleg Golkar. Dua petahana bakal berebut suara dengan tokoh nasional Nurdin Halid. Di dapil yang sama juga terdapat tiga eks kepala daerah yang baru saja menuntaskan jabatannya, yaitu eks Wali Kota Parepare Taufan Pawe, eks Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi, dan eks Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid.

Beralih ke NasDem, Hasnah Syams digantikan anaknya, Teguh Iswara Suardi. Lalu ada nama legislator DPRD Sulsel dua periode Desy Susanti Sutomo, pengusaha muda Andi Palalloi Tabrang, dan pengacara Muallim Tampa.

PKS menugaskan legislator muda DPRD Sulsel Ismail Bachtiar naik kelas ke caleg DPR RI. Lalu ada Mayjen TNI (Purn.) Heros Paduppai, eks Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan.

Wakil Ketua DPRD Sulsel dari Partai Demokrat, Ni'matullah juga naik kelas jadi caleg DPR RI. Dia akan bersaing dengan eks Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan. Sedangkan di daftar caleg Perindo ada Brigjen (Purn.) Joseph Wisnu Sandjaja yang pernah menjabat Kapolrestabes Makassar.

3. Cara cek DCT Anggota DPR RI asal Sulsel I

Dapil 'Neraka', Peta Persaingan Caleg DPR RI di Dapil Sulsel IIIlustrasi Pemilihan Umum. (IDN Times/Arief Rahmat)

Daftar nama DCT anggota DPR RI dan DPD RI sudah bisa mulai diakses publik di laman resmi KPU, sejak Sabtu, 4 November 2023. Bagi kamu yang ingin mengenali calon wakil rakyat di daerahmu, berikut ini cara mengecek DCT anggota DPR RI dan DPD RI asal Sulawesi Selatan.

Untuk mengecek DCT Anggota Anggota DPR RI pada Pemilu 2024, kamu bisa mengakses laman resmi KPU RI pada alamat: infopemilu.kpu.go.id. Laman tersebut berisi berbagai informasi seputar Pemilu 2024, dari jadwal, berbagai aturan, hingga sarana mengecek data pemilih.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Buka laman resmi KPU RI pada alamat https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dpr.
Klik kolom "Pilih Dapil" lalu pilih provinsi yang ingin dicek, yaitu Sulsel I.
daerah pemilihan Sulsel I, Sulsel II, dan Sulsel III.
Tunggu sampai data calon legislatif dari setiap partai politik muncul.
Klik profil anggota calon yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.

Baca Juga: Kenali Calonmu, Ini Cara Cek DCT Anggota DPD dan DPR RI asal Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya