Curiga Kasus Ginjal Akut pada Anak? Hubungi Layanan 112!

Apotek diminta berhenti semntara jual obat sirop

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto meminta warganya memanfaatkan nomor tunggal panggilan darurat (NTPD) 112 untuk kondisi darurat. Call center bisa dihubungi jika mencurigai ada kasus gagal ginjal akut pada anak di Makassar.

Dengan memanfaatkan layanan 112, Danny Pomanto berharap kondisi kesehatan anak-anak di Kota Makassar lebih terpantau. Dia juga telah meminta Dinas Kesehatan memantau anak-anak yang dirawat di rumah sakit.

"Kita mengimbau kepada semua keluarga terutama ibu-ibu kalau ada anaknya yang sakit untuk memanfaatkan layanan 112 agar bisa kita monitor," kata Danny dalam keterangannya, Sabtu (22/10/2022).

Kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak jadi tengah jadi perhatian masyarakat. Menurut data Kementerian Kesehatan, per Jumat (21/10/2022) terdapat 241 kasus di 22 provinsi dengan kamatian 133 kasus atau 55 persen.

"Dengan layanan 112 kita bisa lebih memonitor hal-hal seperti ini. Saya juga sudah memerintahkan Dinkes untuk mencermati apa yang terjadi di rumah sakit," ucap Danny.

Baca Juga: Dinkes Sulsel Minta Masyarakat Tak Konsumsi Obat Sirup

1. Layanan 112 bisa diakses secara gratis

Curiga Kasus Ginjal Akut pada Anak? Hubungi Layanan 112!Balaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Layanan telepon 112 memiliki beragam manfaat. Selain sebagai pusat informasi atau wadah untuk menampung keluhan masyarakat, juga mengurangi dampak bahaya yang ditimbulkan akibat keadaan darurat.

Nomor 112 dapat diakses dari semua operator telepon seluler dengan atau tanpa kartu SIM. Bisa juga menelpon lewat telepon rumah.

NTPD 112 jadi nomor tunggal  yang memudahkan setiap orang mendapatkan bantuan ketika kondisi darurat. Misalnya, saat terjadi hal-hal yang mencurigakan, dianggap berbahaya, atau mengancam nyawa, warga diimbau menghubungi 112. Akan ada petugas yang menerima laporan, lalu meneruskannya pada pihak-pihak yang bisa menangani kondisi darurat yang dilaporkan.

Jika terjadi tindak kriminal, maka petugas akan meneruskan laporan ke pihak kepolisian. Begitu pula dengan kebakaran, kecelakaan, atau bencana alam.

Layanan NTPD 112 tidak hanya melayani laporan gawat darurat. Kamu juga bisa mengaksesnya untuk mendapatkan informasi umum mengenai prosedur administrasi layanan publik, situasi terkini kota Makassar, peraturan, dan kebijakan yang diadopsi Kota Makassar.

Selain meneruskan laporan ke dinas-dinas terkait untuk mendapatkan respons secepatnya, layanan 112 juga akan memandu untuk melakukan tindakan-tindakan yang perlu diambil sesuai dengan kondisi yang dialami pelapor.

2. Danny minta apotek berhenti jual obat yang dilarang

Curiga Kasus Ginjal Akut pada Anak? Hubungi Layanan 112!ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Usai marak kasus gagal ginjal akut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik lima obat sirop anak yang dicurigai pemicu dari peredaran.  Obat tersebut ditarik karena mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas aman.

Obat itu antara lain Termorex Sirup produksi PT Konimex, Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu) produksi PT Yarindo Farmatama, Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu) produksi Universal Pharmaceutical Industries. Lalu Unibebi Demam Sirup (obat demam) produksi Universal Pharmaceutical Industries, dan Unibebi Demam Drops (obat demam) produksi Universal Pharmaceutical Industries.

Wali Kota Danny menginstruksikan Dinas Kesehatan segera memeriksa obat sirup di pasaran, terutama di apotek. Dia ingin memastikan obat-obat dalam daftar tidak lagi dijual.

"Jadi otorisasi pengawasan itukan ada di Dinkes dan itu dibantu Satpol PP. Harus ada (sidak), segera kami persiapkan untuk menertibkan ini," kata Danny.

Ia juga mengimbau seluruh apotek untuk tidak lagi menjual obat yang dilarang BPOM "Saya juga minta apotek dengan kesadaran sendiri untuk melakukan penarikan sebelum penegakan pelarangan ini dilakukan secara masif," ujarnya.

3. Dinas Kesehatan sudah surati apotek dan toko obat se-Makassar

Curiga Kasus Ginjal Akut pada Anak? Hubungi Layanan 112!IDN Times/Imam Rosidin

Kepala Dinkes Makassar dr Nursaidah Sirajuddin mengatakan telah mengeluarkan surat pemberitahuan menyikapi kasus gagal ginjal akut pada anak. Surat dikirimkan kepada penanggung jawab rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, dan toko obat se-Kota Makassar.

Dalam Pemberitahuan Nomor: 440/2670/PSDK/X/2022 yang diterbitkan Dinkes Makassar pada 20 Oktobe,  diimbau tenaga kesehatan pada fasilitas layanan kesehatan tidak meresepkan obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat.

"Seluruh apotek dan toko obat tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk sirup, sampai dilakukan pengumuman resmi oleh pemerintah sesuai ketentuan perundang-undangan," kata dr Nursaidah Sirajuddin.

Baca Juga: Patuhi Kemenkes, Apotek di Makassar Setop Dulu Penjualan Obat Sirop

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya