Cara Cek Pengumuman UTBK SNBT 2023, Ini Link Resmi dan Jadwalnya

Pengumuman SNBT PTN dibuka 20 Juni 2023 pukul 15.00 WIB

Makassar, IDN Times - Simak jadwal pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) perguruan tinggi negeri (PTN) di sini. Kamu bisa mengecek link pengumumannya berikut ini.

Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan mengumumkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SNBT, pada Selasa (20/6/2023). Pengumuman bisa diakses mulai pukul 15.00 WIB.

SNBT merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil nilai Tes Skolastik yang berbasis komputer. Proses seleksi ini sebelumnya kamu kenal dengan sebutan SBMPTN. 

Baca Juga: Rektor UNM Ingatkan Kecurangan di UTBK-SNBT Tidak Ditolerir

1. Link pengumuman hasil SNBT

Cara Cek Pengumuman UTBK SNBT 2023, Ini Link Resmi dan JadwalnyaPelaksanaan UTBK-SNBT hari pertama di Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (8/5/2023). (Dok. Humas UNM)

Untuk mengakses pengumuman hasil UTBK-SBNT, kamu bisa mengakses laman resminya dengan alamat https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Kamu juga bisa mengakses laman mirror pengumuman SNBT di masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

Berikut ini link mirror pengumuman UTBK-SBNT:

https://snbt.ipb.ac.id

https://snbt.unnes.ac.id

https://snbt.isbi.ac.id

https://snbt.unp.ac.id

https://snbt.itb.ac.id

https://snbt.unpad.ac.id

https://snbt.itk.ac.id

https://snbt.unram.ac.id

https://snbt.its.ac.id
 
https://snbt.uns.ac.id

https://snbt.ugm.ac.id

https://snbt.unsika.ac.id

https://snbt.uho.ac.id

https://snbt.unsrat.ac.id

https://snbt.ui.ac.id

https://snbt.unsri.ac.id

https://snbt.ulm.ac.id
 
https://snbt.untan.ac.id

https://snbt.unair.ac.id

https://snbt.untirta.ac.id

https://snbt.unand.ac.id
 
https://snbt.unud.ac.id

https://snbt.undip.ac.id

https://snbt.uny.ac.id

https://snbt.unej.ac.id
 
https://snbt.upnjatim.ac.id

https://snbt.unesa.ac.id

https://snbt.upnvj.ac.id

https://snbt.unhas.ac.id
 
https://snbt.usu.ac.id

https://snbt.unimal.ac.id
 
https://snbt.undiksha.ac.id

https://snbt.unimed.ac.id
 
https://snbt.utu.ac.id

https://snbt.unja.ac.id
 
https://snbt.ung.ac.id

https://snbt.unm.ac.id 

2. Tahapan SNBT 2023

Cara Cek Pengumuman UTBK SNBT 2023, Ini Link Resmi dan JadwalnyaIlustrasi peserta ujian mengikuti pelaksanaan UTBK seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

UTBK SNBT dimulai pada Maret 2023. Siswa yang tidak lolos atau tidak mengikuti SNBP bisa mengikuti seleksi UTBK SNBT 2023. Berikut jadwal SNBT:

- Pembuatan Akun SNPMB bagi pendaftar SNBT: 16 Februari-3 Maret 2023

- Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret-14 April 2023

- Pengumuman Hasil SNBP: 28 Maret 2022

- Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 8-14 Mei 2023

- Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 22-28 Mei 2023

- Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 2023

- Masa Unduh Sertifikat UTBK: 26 Juni-31 Juli 2023

3. Materi UTBK-SNBT

Cara Cek Pengumuman UTBK SNBT 2023, Ini Link Resmi dan JadwalnyaPeserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 gelombang pertama di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (17/5/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Ada tiga materi UTBK SNBT tahun 2023. Masing-masing tes potensi skolasik (TPS), literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan penalaran matematika.

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Sedangkan penalaran matematika mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Baca Juga: 20.687 Peserta Ikuti UTBK SNBT 2023 di Universitas Hasanuddin

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya