Baru 1.358 Calon Haji di Sulsel Lunasi BPIH

Pelunasan tahap pertama dibuka hingga 15 April mendatang

Makassar, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan membuka pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019 sejak Selasa (19/3). Hingga kini baru 1.358 calon haji dalam yang memenuhi kewajibannya.

Pada musim haji tahun ini, Sulsel mendapatkan kuota 7.296 jemaah calon haji. Artinya, masih ada hampir enam ribu orang dalam daftar yang belum melunasi BPIH. Pelunasan tahap pertama dibuka hingga 15 April mendatang.

Calon jemaah haji bisa melunasi BPIH melalui sejumlah bank penerima setoran, yakni Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Muamalat Indonesia, dan Bank Mega Muamalat. Pelunasan dibuka setiap hari, antara pukul 9.00-16.00 Wita.

“Semoga sampai batas akhir jadwal pelunasan tahap pertama ini, seluruh jemaah calon haji kita sudah melakukan pelunasan BPIH,” kata Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar di Makassar, Jumat (22/3).

Baca Juga: Pelunasan Biaya Haji di Sulsel Dibuka, Ini Nominalnya

1. Kakanwil Kemenag pantau proses pelunasan di bank penerima setoran

Baru 1.358 Calon Haji di Sulsel Lunasi BPIHIDN Times / Istimewa

Rombongan Kakanwil Kemenag Sulsel, pada Jumat siang, mengunjungi Bank BRI Syariah di Jalan AP Pettarani Makassar. Mereka datang memantau langsung proses pelunasan BPIH. Kemenag berharap bank penerima setoran haji bisa memaksimalkan pelayanan kepada calon haji serta memudahkan urusannya.

Calon haji, tahun ini tidak hanya bisa membayar BPIH secara tunai melalui teller bank. Pembayaran juga bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas lain, seperti via ATM, internet banking, atau pun mobile banking.

“Inovasi pelunasan BPIH non teller sangat membantu jemaah yang kesulitan dalam proses pembayaran, misalkan terkendala waktu maupun jarak,’ kata Anwar.

2. Informasi pelunasan BPIH sudah disebar ke seluruh daerah

Baru 1.358 Calon Haji di Sulsel Lunasi BPIHIDN Times / Istimewa

Pelunasan biaya haji dibuka setelah terbitnya Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2019 tentang BPIH haji reguler, pada Kamis (14/3). Sebelumnya besaran biaya haji tahun ini disepakati bersama oleh Kementerian Agama dan DPR RI.

Calon jemaah haji Embarkasi Makassar, termasuk Sulsel, pada tahun ini dikenai BPIH senilai Rp39.207.741. Jumlah itu turun Rp300 ribu dari BPIH tahun 2018, yakni senilai Rp39.507.741.

Anwar memastikan informasi seputar BPIH sudah disosialisasikan melalui jajaran Kemenag hingga ke level terkecil di daerah. Sehingga para calon jemaah yang sudah masuk dalam kuota keberangkatan tahun ini bisa segera mengetahui dan mempersiapkan diri melunasi kewajibannya.

3. Calon haji reguler tidak bisa memanfaatkan masa pembayaran tahap kedua

Baru 1.358 Calon Haji di Sulsel Lunasi BPIHkemenag.go.id

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Makassar, Mahyuddin menjelaskan, pelunasan BPIH dibuka dalam dua tahap. Tahap kedua dibuka pada 30 April hingga 10 Mei, namun bukan untuk jemaah umum. Pelunasan tahap kedua hanya berlaku untuk jemaah dengan kriteria khusus.

Kriteria tersebut, antara lain: lanjut usia, pengganti porsi, pendamping muhrim dan cadangan, serta mereka yang terkena kegagalan sistem. Jemaah umum yang tidak melunasi pada tahap pertama tidak bisa berpindah ke tahap kedua.

"Bagi jemaah yang tidak melakukan pelunasan BPIH sesuai jadwal Tahap Pertama karena alasan kesibukan atau ketidaktersediaan dana, akan dialihkan ke tahun berikutnya", kata Mahyuddin.

"Mereka yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji dan berangkat lagi tahun ini, akan dikenakan pajak progresif oleh Kerajaan Arab Saudi", dia menambahkan.

Baca Juga: Hari Hutan Sedunia: Menilik Kondisi Terkini Hutan di Sulawesi Selatan

4. BPIH Embarkasi Makassar paling mahal

Baru 1.358 Calon Haji di Sulsel Lunasi BPIHANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel Kaswad Sartono mengatakan, pada tahun ini Embarkasi Makassar akan menampung 15.911 jemaah haji, yang berasal dari delapan provinsi.

Jemaah masing-masing berasal dari Sulsel, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Khusus Sulsel, jemaah berjumlah 7.296 orang. “Sama seperti tahun lalu, jumlahnya tidak bertambah,” ujar Kaswad.

Dari daftar BPIH yang dirilis Pemerintah, terdapat perbedaan harga pada 13 Embarkasi se-Indonesia. Biaya di Embarkasi Makassar paling mahal. Sebagai perbandingan, BPIH Embarkasi Aceh termurah, yakni Rp30.881.010.

Baca Juga: Pegawai UNM Ditemukan Tewas Mengenaskan di Dalam Mobilnya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya