Banjir Hanyutkan Satu Rumah di Wajo

Catatan BPBD Sulsel terkait banjir di tiga daerah

Makassar, IDN Times – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan menerima laporan banjir tiga daerah, Sabtu (28/8/2021). Masing-masing di Kabupaten Wajo, Soppeng, dan Bone.

Hujan di tiga daerah dipicu intensitas hujan tinggi yang turun di sebagian wilayah Sulsel sejak Kamis, 27 Agustus 2021. Sejauh ini, banjir terbesar tercatat di Wajo, yakni tersebar di delapan kecamatan. Menurut laporan BPBD setempat, satu rumah di Desa Inalipue, Kecamatan tanasitolo, hanyut diterjang banjir.

Untuk Kabupaten Soppeng dan Bone, sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat banjir.

Baca Juga: Sungai Meluap, Banjir Genangi Rumah dan Jalur Lintas Daerah di Bone

1. BPBD kerahkan tim evakuasi di Wajo

Banjir Hanyutkan Satu Rumah di WajoTim Basarnas Sulsel menurunkan tim evakuasi di lokasi banjir di Kabupaten Wajo. Dok. Basarnas Sulsel

Kepala Seksi Kebencanaan BPBD Sulsel Andi Wahid mengatakan, banjir di Wajo dipici hujan deras sejak Jumat malam. Banjir antara lain tersebar di Kecamatan Tempe, Tanasitolo, Sajoanging, Majauleng, Gilireng, Pitumpanua, Keera, dan Pammana.

BPBD Wajo menurunkan Tim Reaksi Cepat ke Desa Sakkoli di Kecamatan Sajoanging karena banjir semakin tinggi dan deras. “Tim sementara dalam perjalanan ke lokasi setelah sebelumnya melakukan evakuasi rumah warga di Kelurahan Maddukelleng,” kata Wahid, Sabtu.

BPBD Wajo juga melaporkan longsor di Kelurahan Maddukkeleng dan Kelurahan Siengkang. Namun belum ada data kerusakan yang ditimbulkan.

2. Banjir rendam enam wilayah di Bone

Banjir Hanyutkan Satu Rumah di WajoBanjir di Sulsel, Sabtu (28/8/2021). Dok. Istimewa

Menurut laporan BPBD Kabupaten Bone, sebagian daerah itu dierjang banjir sejak Jumat malam. Di antaranya Desa Kampoti Kecamatan Dua Boccoe, Kelurahan Macope Kecamatan Awangpone, dan Sungai Mico Kecamatan Ponre.

Berikutnya, Kecamatan Cenrana, Desa Walenreng di Kecamatan Cina, dan Pompanua di Kecamatan Ajangale. Hujan juga dipicu intensitas curah hujan yang tinggi. Sejauh ini belum diketahui kerusakan akibat banjir. BPBD terus memantau situasi terkini.

3. Banjir di Soppeng menghambat arus lalu lintas

Banjir Hanyutkan Satu Rumah di WajoIlustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Di Soppeng, banjir menggenangi sejumlah wilayah sejak Sabtu pagi. Banjir tersebar di lima kecamatan, yakni Ganra, Donri-Donri, Lilirilau, Citta, dan Marioriawa.

Andi Wahid menerangkan, Soppeng merupakan wilayah rawan bencana karena dilintasi sejumlah daerah aliran sungai. Antara lain Sungai Walanae, Sungai Lajarokko, dan Sungai Bunne. Hujan deras sejak Jumat membuat sungai meluap dan memicu banjir.

BPBD Bone terus menghimpun informasi seputar dampak banjir. Sejauh ini dilaporkan tidak ada korban akibat kejadian itu. Namun sarana transportas terhambat akibat genangan yang menutup akses jalan.

“Kerugian materil masih dalam proses pendataan,” kata Wahid.

Baca Juga: Basarnas Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Wajo

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya