Ada Pasar Murah di Sulsel Jelang Lebaran

Tersedia juga bantuan minyak dan gula dari Kementan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana menggelar pasar murah jelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah. Lewat pasar murah bertajuk Gelar Pangan, masyarakat bisa mendapatkan berbagai komoditas pangan dengan harga lebih rendah dibandingkan di pasaran.

Pasar murah Pemprov Sulsel rencananya digelar tiga hari jelang hari raya lebaran.

"Ini menjadi komitmen bersama antara Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Provinsi Sulsel untuk menyediakan pangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat,"  kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, di laman Pemprov Sulsel, Sabtu (23/4/2022).

Baca Juga: Genjot Produksi Pertanian Sulsel, 2600 Ton Benih Padi Dibagikan Gratis

1. Upaya Pemprov menjaga kestabilan harga

Ada Pasar Murah di Sulsel Jelang LebaranIlustrasi bahan pangan. IDN Times/Holy Kartika

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel Kemal Redindo Syahrul Putra mengatakan, pasar murah dirangkaikan dengan Gerakan Bantuan Pangan pada Masyarakat. Kegiatan merupakan kerja sama Kementerian Pertanian, Pemprov Sulsel, dan dinas terkait di kabupaten/kota.

Kegiatan ini menawarkan komoditas pangan strategis seperti beras, jagung, daging sapi, daging ayam, telur ayam, cabe rawit, cabe merah. Lalu bawang putih dan bawang merah, gula, dan juga minyak.

“Gelar pangan ini merupakan event dalam menyiapkan semua pangan lokal dengan harga yang terjangkau, serta berkualitas untuk masyarakat, mempermudah akses pangan bagi masyarakat, mempengaruhi harga pasar agar tidak terlalu fluktuatif dan menjaga stabilitas harga,” kata Kemal Redindo.

2. Pasar murah digelar di 6 kabupaten/kota

Ada Pasar Murah di Sulsel Jelang LebaranIlustrasi beberapa kebutuhan pokok beserta harga yang ditawarkan di pasar murah. IDN Times/Alfi Ramadana

Kemal Redindo mengatakan, pasar murah akan digelar serentak pada enam lokasi di Sulsel. Daerah itu dianggap mewakili zona masing-masing dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Masing-masing, Makassar, Bulukumba, Pinrang, Bone, Enrekang, dan Luwu.

Pelaksanaan Gerakan Gelar Pangan dalam rangka Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) sebelumnya telah dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Naoemi Octarina pada 30 Maret 2022.

“Pelaksanaan gelar pangan ini kita sudah lakukan tiga hari menjelang Ramadan dan nanti akan kembali digelar sekitar 3 hari menjelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H,” kata Kemal Redindo.

3. Ada penyaluran bantuan minyak dan gula dari Kementan

Ada Pasar Murah di Sulsel Jelang LebaranWarga mencium minyak goreng kemasan yang dibelinya setelah mengantre di operasi pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Jojon)

Selain pasar murah, Pemprov Sulsel juga menyalurkan bantuan pangan dari Kementerian Pertanian. Bantuan berupa minyak goreng sebanyak 23 ribu liter dan gula pasir 25 ribu ton.

Pembagian dikoodinir Dinas Ketahanan Pangan di 24 kabupaten/kota dengan melibatkan unsur Kecamatan agar lebih teratur, karena masih di masa pandemik COVID-19.

Baca Juga: ASN Makassar Diingatkan Tidak Mudik Pakai Mobil Dinas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya