Ada Kontes Ayam Ketawa Memperebutkan Piala Gubernur, Mau Ikut?

Upaya memotivasi peternak spesies ayam yang hampir punah

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Seltan menggelar Kontes Ayam Ketawa di GOR Sudiang Makassar, Jumat 10 November 2023. Lomba itu memperebutkan Piala Gubernur, selain hadiah uang jutaan rupiah.

Kontes kokok ayam ketawa kerap digelar oleh Himpunan Profesi Ornithologi dan Unggas di tingkat nasional, dengan nama Kontes Ayam Ketawa Nasional. Di Sulsel, ayam ketawa mulanya banyak dikembangkan di Kabupaten Sidenreng Rappang, sebelum menyebar ke berbagai daerah lain.

Baca Juga: HUT ke-354 Sulsel, Bahtiar Sentil Sederet Masalah di Sulsel

1. Upaya menjaga keberadaan ayam khas yang hampir punah

Ada Kontes Ayam Ketawa Memperebutkan Piala Gubernur, Mau Ikut?instagram.com/ayamketawa_bandung

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan, Pemprov Sulsel menggelar kontes untuk mengembalikan kecintaan masyarakat terhadap ayam ketawa yang merupakan spesies khas. Dia menyebut saat ini, khusus pejantan, populasinya hanya sekitar empat ribuan.

"Dinas Peternakan akan buat kontes ayam ketawa. Saya mau lombakan, tujuannya apa? Ini ayam khas kita, populasinya tidak terlalu banyak, tinggal 4.000-an jantannya, jangan sampai punah kan," kata Bahtiar dalam keterangan yang dikutip, Selasa (7/11/2023).

2. Kontes untuk memotivasi peternak ayam ketawa

Ada Kontes Ayam Ketawa Memperebutkan Piala Gubernur, Mau Ikut?ilustrasi sekelompok ayam jago (pexels.com/cottonbro)

Menurut Bahtiar, kontes ayam ketawa tersebut sebagai upaya untuk menambah kecintaan masyarakat terhadap ayam ketawa. Dan diharapkan agar terjaga populasinya. 

"Maka kita edukasi dengan konteskan, nanti 10 November kita rangkaikan untuk memberikan motivasi para peternak. Kontes ini memperebutkan Piala Gubernur," ucapnya.

3. Kontes dengan beragam kategori

Ada Kontes Ayam Ketawa Memperebutkan Piala Gubernur, Mau Ikut?Poster Kontes Ayam Ketawa Piala Gubernur Sulsel 2023. (Dok. Istimewa)

Kontes Ayam Ketawa memperebutkan Piala Gubernur akan digelar dalam sejumlah kategori. Antara lain, kategori suara merdu, suara cempreng, suara horor, suara lucu, dan paling gaya.

Panitia membuka pendaftaran secara daring. Jika kamu ingin mendaftar, isi formulir pada alamat: forms.gle/dwwCEZUwEAqzsTuG8, atau dapatkan informasi lebih lengkap di laman resmi Pemprov Sulsel.

Baca Juga: 6 Fakta Ayam Serama, Ayam Terkecil di Dunia 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya