10 Rumah Gubuk di Makassar Terbakar, Diduga karena Korsleting

Upaya pemadaman melibatkan 70 personel Damkar

Makassar, IDN Times - Kebakaran terjadi di kawasan penduduk Jalan Andi Tonro V, Kecamatan Tamalate, Makassar, Minggu malam (5/11/2023). Menurut Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, rumah-rumah yang terbakar terdiri dari bangunan semi permanen berupa gubuk.

"Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 23.41 Wita, dan tim kami tiba di lokasi hanya dalam waktu lima menit setelahnya. Terdapat 10 rumah gubuk yang terbakar," ungkap Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Di Makassar, Anies Janji Bangun Stadion Berstandar FIFA

1. Pemadaman melibatkan 70 personel

10 Rumah Gubuk di Makassar Terbakar, Diduga karena KorsletingPemadaman kebakaran di Jalan Andi Tonro V, Kecamatan Tamalate, Makassar, Minggu malam (5/11/2023). (Dok. IDN Times/Istimewa)

Dalam upaya pemadaman api, Damkar Makassar mengerahkan kekuatan penuh dari Markas Komando (Mako) Ratulangi. Tim pemadam juga ditambah dari Posko Timur  dan Posko Ujung Tanah.

"Jadi ada kurang lebih 70 personil kami yang terlibat memadamkan api, karena kami dari Mako kekuatan penuh. Api kita bisa kuasai sekitar pukul 00.38 Wita, dilanjutkan proses pendinginan 01.44," terang Hasanuddin.

2. Diduga kebakaran karena korsleting

10 Rumah Gubuk di Makassar Terbakar, Diduga karena KorsletingIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Hasanuddin menyebut kebakaran diduga dipicu korsleting dari salah satu rumah. Namun penyebab pasti belum diektahui.

"Penyebab sementara arus pendek, untuk kepastiannya ada teman-teman kepolisian yang menyelidiki hal itu," kata Hasanuddin.

3. Seorang warga mengalami luka bakar

10 Rumah Gubuk di Makassar Terbakar, Diduga karena KorsletingIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Pada peristiwa itu, petugas mengevakuasi seorang warga dari dalam rumah yang terbakar. Pria itu, Daeng Sitaba (50), mengalami luka bakar.

"Ada salah satu warga tadi yang tangannya terbakar, tapi teman-teman langsung bawa yang bersangkutan ke rumah sakit. Diduga korban mau menyelamatkan diri, tapi sudah ditangani rumah sakit," ucap Hasanuddin.

Baca Juga: Di Makassar, Prabowo Bicara Kekayaan Alam Dikuras Asing

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya