Pemkot Tomohon Mulai Persiapkan TIFF 2023, Target 300 Ribu Wisatawan

Persiapan dilakukan sejak April 2023

Manado, IDN Times – Tomohon International Flower Festival (TIFF) akan kembali digelar tahun ini. Kepala Dinas Pariwisata Tomohon, Yudhistira Siwu, mengatakan bahwa acara akan berlangsung pada 8-12 Agustus 2023. Event tahunan ini akan menampilkan parade kendaraan hias (float) pada acara puncak tanggal 12 Agustus 2023.

Parade kendaraan hias akan melibatkan beberapa daerah, BUMN, perusahaan swasta, hingga negara sahabat. Segala persiapan sudah dimulai sejak April 2023, yaitu penanaman bunga oleh petani-petani lokal yang digandeng Pemkot Tomohon. Yudhistira menyebut pihaknya menargetkan 25-30 float ikut serta dalam TIFF.

Selain petani bunga, Pemkot Tomohon juga menggandeng dekorator lokal. Hal tersebut juga sebagai bentuk memberdayakan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat Tomohon. “Satu float butuh sekitar 10 ribu tangkai bunga. Tapi kami juga mempertimbangkan kebutuhan lain, misalnya untuk dekorasi panggung atau dekorasi lain,” terang Yudhistira, Minggu (9/7/2023).

1. Pembangunan hanggar dimulai minggu depan

Pemkot Tomohon Mulai Persiapkan TIFF 2023, Target 300 Ribu WisatawanAgrowisata Show Window, Kakaskasen Dua, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Pembangunan hanggar float akan dimulai minggu depan. Lokasinya berada di Kompleks Show Window Tomohon di Kelurahan Kakaskasen 2, Kecamatan Kakaskasen, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Untuk itu, Pemkot Tomohon kini sedang mengonfirmasi keikutsertaan dari berbagai pihak.

Selain itu, Pemkot Tomohon sudah melaksanakan pelatihan bagi dekorator. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kualitas para deorator. Nantinya, dekorator akan menjadi penanggung jawab dekorasi float hingga tempat pelaksanaan termasuk merekrut pekerja hingga petani bunga.

Kebutuhan bunga sendiri akan berusaha dipenuhi oleh kelompok tani yang tergabung dalam Asosiasi Bunga Indonesia (ASBINDO) Tomohon maupun petani individu. Mereka sendiri mendapat bantuan bibit dari Dinas Pertanian dan Perikanan Tomohon. “Kami sebisa mungkin menghindari jangan sampai ada impor bunga dari daerah lain,” ucap Yudhistira.

2. Dekorasi float mulai 3 Agustus 2023

Pemkot Tomohon Mulai Persiapkan TIFF 2023, Target 300 Ribu WisatawanPetugas tengah mengangkut bibit bunga di Show Window Tomohon, Sulawesi Utara, Minggu (9/7/2023). IDNTimes/Savi

Sama seperti petani bunga, dekorator yang direkrut merupakan petani bunga yang dinaungi oleh ASBINDO. Salah satu dekorator, James Mogi, mengatakan bahwa dirinya terlibat TIFF setiap tahun. “Ada dekorator yang sudah pernah, ada yang baru masuk. Jadi merekrut dekorator-dekorator baru juga untuk menunjang TIFF,” tambah James.

Pembuatan float sendiri akan berlangsung pada 3-11 Agustus 2023. Hal itu guna menghindari bunga layu ketika acara puncak TIFF. Untuk mempercepat pengerjaan, biasanya dekorator membutuhkan lebih dari 20 pekerja.

Untuk meningkatkan minat wisatawan, parade kendaraan hias tahun ini akan dilengkapi performance. “Kalau sebelumnya mereka dinilai pada saat jalan, sekarang mereka dinilai sebelum jalan. Jadi pada saat keluar, sudah bisa diumumkan juaranya di kategori masing-masing dan masyarakat bisa lebih antusias,” sambung Yudhistira.

Baca Juga: 5 Fakta Klapertart, Kue Khas Manado Hasil Karya Orang Belanda

3. Targetkan 300 ribu wisatawan

Pemkot Tomohon Mulai Persiapkan TIFF 2023, Target 300 Ribu WisatawanMerdeka.com

Dari evaluasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), tahun lalu ada sekitar 232 ribu pengunjung TIFF. “Tahun ini kami harapkan bisa meningkat, sekitar 300 ribu lah,” tutur Yudhistira.

Pemkot Tomohon juga menyiapkan penginapan bagi para wisatawan. Karena hotel di Tomohon terbatas hanya sekitar 300-400 kamar, maka homestay juga akan ditingkatkan kelayakannya dan diberdayakan.

Selain itu, asosiasi pariwisata, hotel, hingga maskapai penerbangan juga diminta mempromosikan TIFF. Yudhistira mengatakan pihaknya sudah mengajak kerja sama Garuda Indonesia. “Kalau memang animo masyarakat tinggi, nanti mereka akan menambah flight ke Manado,” tutup Yudhistira.

Baca Juga: Penjualan Daging Kelelawar di Pasar Ekstrem Tomohon Kembali Menggeliat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya