Hillary Lasut Resmi Bergabung Partai Demokrat, Masuk DCS DPR RI

Sempat nyaris bergabung dengan Partai Gerindra

Manado, IDNTimes - Sempat dikabarkan tak menjadi bacaleg Partai Nasdem, rupanya kini Hillary Brigitta Lasut berlabuh ke Demokrat. Ia bahkan menempati nomor urut 1 dalam daftar calon sementara (DCS) Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Utara.

Keputusan ini tentu tak mengagetkan mengingat sang ayah, Elly Engelbert Lasut, merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Sulut. Bahkan Elly mengaku sudah berulang kali membujuk Hillary bergabung bersamanya.

Meski begitu, Hillary mengaku proses bergabungnya ke Partai Demokrat tak mudah lantaran ada yang berusaha menggagalkannya. “Bersyukurnya (Demokrat) akhirnya bisa menerima. Mereka menilai saya punya visi yang sama untuk masyarakat,” jelas Hillary, Senin (21/8/2023).

1. Nyaris bergabung dengan Gerindra

Hillary Lasut Resmi Bergabung Partai Demokrat, Masuk DCS DPR RIKetua Partai Golkar Sulut, Conny Rumondor, saat bertemu dengan Hillary Lasut beberapa waktu lalu. IDNTimes/Istimewa

Sebelum memutuskan bergabung dengan Demokrat, Hillary mengaku sempat hendak bergabung dengan Gerindra. Hillary bahkan sudah bertemu dengan Ketua PArtai Gerindra Sulut, Conny L Rumondor.

Sayangnya, lamaran Hillary tak diterima. “Sudah ketemu namun Partai Gerindra belum bisa memberi kesempatan,” kata Hillary.

Conny mengaku pihaknya tak bisa menerima Hillary karena sang ayah yang merupakan Ketua DPD Demokrat Sulut. Hal itu dianggap tak etis secara politik, dan Gerindra tak ingin melanggarnya.

2. DCS DPR RI dari Demokrat Dapil Sulut

Hillary Lasut Resmi Bergabung Partai Demokrat, Masuk DCS DPR RIPartai Demokrat (demokrat.or.id)

Hillary mengaku namanya dimasukkan ke DCS DPR RI di menit-menit akhir penetapan DCS DPR RI. Berikut urutan DCS DPR RI dari Demokrat Dapil Sulut:

  1. Hillary Brigitta Lasut
  2. Iwan Setiawan A. Manasa
  3. Bambang Dwidjatmikon
  4. Enny Yulianaa
  5. David Christian Boyoh
  6. Reza H A Nangka

Baca Juga: Milenial Sulut Maju di Pileg 2024, Ada Anak Pejabat hingga Tokoh Agama

3. Nasdem andalkan kepala daerah dan usung konsep Bohusami

Hillary Lasut Resmi Bergabung Partai Demokrat, Masuk DCS DPR RIMantan Wali Kota Manado, Sulawesi Utara, GS Vicky Lumentut/manadokota.go.id

Tanpa Hillary, Nasdem mengajukan enam nama yang didominasi mantan kepala daerah. Bahkan dua di antaranya, Tatong Bara dan Hamim Pou, masih menjabat sebagai Wali Kota Kotamobagu dan Bupati Bone Bolango di Gorontalo.

Komando Pemenangan Wilayah (Kompewil) Nasdem Sulut, Felly Runtuwene, mengatakan bahwa Nasdem mengusung konsep Bohusami. “Menjadi representasi suku-suku besar di Sulut yaitu Bolmong, Hulondalo (Gorontalo), Sangir, dan Minahasa,” jelas Felly.

Berikut daftar DCS DPR RI dari Nasdem Dapil Sulut:

  1. Tatong Bara
  2. GS Vicky Lumentut
  3. Max J Lomban
  4. Hamim Pou
  5. Felly Runtuwene
  6. Andreas Andaria

Baca Juga: Cek DCS Bacaleg DPRD Makassar, Simak Caranya di Sini

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya