Bosan di Rumah? Ini 3 Pantai di Sulawesi Utara untuk Melepas Penat

Pantai masih jadi destinasi wisata primadona di Sulut

Manado, IDNTimes – Provinsi Sulawesi Utara dikenal dengan keindahan alamnya. Jika berkunjung ke daerah berjuluk Bumi Nyiur Melambai ini kamu bisa menemukan destinasi wisata alam yang indah dengan mudah.

Destinasinya pun beragam, ada gunung, danau, hingga laut. Dengan topografi yang beragam, kamu bisa memilih berbagai kegiatan liburan mulai dari mendaki, menyelam, hingga sekadar menenangkan diri.

Meski beragam, pantai masih menjadi destinasi wisata primadona di Sulut. Berikut beberapa rekomendasi pantai di Sulut.

Baca Juga: Surga Tersembunyi Sulawesi Utara: 10 Destinasi Wisata Selain Likupang

1. Pantai Kanada

Bosan di Rumah? Ini 3 Pantai di Sulawesi Utara untuk Melepas PenatPantai Kanada di Kota Bitung, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Pantai Kanada terletak di Kota Bitung. Dari pusat Kota Bitung, Kamu perlu menempuh jarak kurang lebih 23 kilometer dalam waktu kurang lebih 45 menit. Meski namanya Kanada, pantai ini tak ada hubungannya dengan Negara Kanada.

Nama tersebut diberikan karena dulu pantai ini dikelola oleh orang Kanada. Namun, kini Pantai Kanada sudah tak ada yang mengelola, sehingga pengunjung hanya perlu membayar uang parkir sekitar Rp 5 ribu.

Hamparan pasir putih yang halus serta pantai yang cenderung sepi bisa membayar lelah perjalanan jauh. Pengunjung lebih disarankan untuk mandi air di tepi atau camping, karena ombaknya yang cukup besar. Jika beruntung, kamu juga bisa menemukan bibit penyu yang tengah dibudidaya dalam sebuah perahu milik warga.

2. Pantai Tanjung Tumpaan

Bosan di Rumah? Ini 3 Pantai di Sulawesi Utara untuk Melepas PenatPantai Tanjung Tumpaan di Sawangan, Minahasa, Sulut. IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Kabupaten Minahasa lebih dikenal dengan wisata alam perbukitan dan cuacanya yang dingin. Namun jika pergi lebih jauh ke sebelah timur, kamu akan menemukan banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Tanjung Tumpaan di Kecamatan Kakas. Sama seperti kebanyakan pantai di Sulut, Pantai Tanjung Tumpaan memiliki pasir putih.

Karena letaknya yang berada di timur, pantai ini cocok bagi kamu yang sedang mencari pemandangan matahari terbit atau sunrise. Namun karena ombaknya yang cukup besar, pengunjung tidak disarankan berenang, hanya bisa mandi di tepian. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari atas tebing di sisi kira Pantai Tanjung Tumpaan.

Untuk sampai ke Pantai Tanjung Tumpaan, kamu perlu menempuh jarak kurang lebih 37 km dalam waktu 1 jam. Kalau membawa mobil, kamu hanya bisa memarkirkan kendaraan di pinggir jalan kemudian berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter. Pengunjung tak dipungut biaya apapun, kecuali parkir sebesar Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

3. Pantai Malalayang

Bosan di Rumah? Ini 3 Pantai di Sulawesi Utara untuk Melepas PenatTugu Bola Dunia anjungan Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (1/3/2022). IDN Times/Savi

Jika tak ingin berpergian terlalu jauh, kamu juga bisa mengunjungi pantai di sepanjang Kota Manado. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Pantai Malalayang atau Malalayang Beach Walk. Fasilitasnya cukup lengkap, ada toilet umum, kios-kios makanan, hingga wahana bermain anak.

Makanan dan minuman yang dijual juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu. Bagi kamu yang ingin berenang, Pantai Malalayang cukup direkomendasikan karena tak terlalu berombak. Bahkan, Pantai Malalayang sering dijadikan tempat snorkeling atau belajar diving.

Dari pusat Kota Manado, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 8,5 km atau 20 menit. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp 5 ribu untuk motor dan 15 ribu untuk mobil.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Rahang Tuna di Manado

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya