Comscore Tracker

Salat Idulftri Digelar Berjemaah di Sejumlah Daerah di Sulawesi

Jemaah mengenakan masker tetapi tidak menjaga jarak aman

Makassar, IDN Times - Salat Idulfitri 1441 Hijriah tetap digelar berjemaah oleh sebagian masyarakat di pulau Sulawesi, di tengah imbauan pemerintah untuk tidak melaksanakan kegiatan berkerumun agar terhindar dari penularan virus corona atau COVID-19.

Di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo sebagian umat muslim menggelar Salat Idulfitri secara berjemaah di Masjid, Minggu (24/5).

Seperti yang terpantau di Masjid Al Hikmah, Kelurahan Bulotadaa Barat, Kota Gorontalo. Warga melaksanakan Salat Idulfitri mulai pukul 06.30 hingga 07.30 WITA.

1. Jemaah mengenakan masker tetapi tidak saling menjaga jarak

Salat Idulftri Digelar Berjemaah di Sejumlah Daerah di SulawesiWarga menggelar shalat Idulfitri di masjid yang ada di Kota Gorontalo, Minggu (24/5). ANTARA/Debby Mano

Sekitar 50 orang yang mengikuti Salat Idulfitri di Masjid Al Hikmah, Gorontalo. Meski mereka mengenakan masker untuk melindungi hidung dan mulut, akan tetapi para jemaah tidak saling menjaga jarak.

Sebelumnya, Gubernur Gorontalo, Ruslie Habibie mengimbau agar masyarakat tidak menggelar Salat Idulfitri di masjid dan lapangan, untuk menghindari penularan virus corona.

"Khusus untuk pelaksanaan Idulfitri ini saya putuskan untuk lima kabupaten dan satu kota serta provinsi untuk tidak melaksanakan salat di lapangan maupun masjid. Salat di rumah masing-masing saja," kata Ruslie dikutip Antara.

2. Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sejumlah warga juga tetap melaksanakan Salat Idulfitri berjemaah

Salat Idulftri Digelar Berjemaah di Sejumlah Daerah di SulawesiJemaah menunaikan Salat Idulfitri di Kota Kendari dengan mengenakan masker sejalan dengan protokol kesehatan. ANTARA/sarjono

Dilansir Antara, Minggu (24/5), di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Salat Idulfitri berjemaah juga dilakukan sejumlah warga. Mereka menggelar salat di masjid-masjid terdekat dari rumah masing-masing.

"Kami beberapa rumah di sekitar sini sepakat menggelar salat menyambut hari kemenangan di halaman rumah," kata Afdal (52).

Seluruh jemaah tetap mengenakan masker saat salat, namun imbauan untuk tetap menjaga jarak diabaikan.

3. Pemkab Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, memperkenankan masyarakat Salat Id berjemaah

Salat Idulftri Digelar Berjemaah di Sejumlah Daerah di Sulawesiilustrasi salat berjamaah (IDN Times/Maulana)

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, memperkenakan masyarakat menggelar Salat Idulftri 1441 Hijriah secara berjemaah. Meski begitu, pemerintah setempat mengimbau jemaah menggelar Salat Id hanya di masjid atau musala saja.

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu menyampaikan imbauan itu dalam surat edaran tertanggal 23 Mei.

"Dengan tetap menerapkan protokol standar COVID-19 dan wajib berkoordinasi dengan gugus tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Parigi Moutong atau dengan tim terpadu aksi serentak penanganan COVID-19 dengan tetap memperhatikan persyaratan yang telah ditentukan," kata Samsurizal dikutip Antara di Palu, Sabtu kemarin.

Syarat-syarat yang dimaksud Samsurizal antara lain, menyemprotkan disinfektan pada masjid atau mushala yang digunakan Salat Idulfitri.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya