Pasien 01 Positif Corona di Gorontalo Berangsur Membaik 

Umumnya kondisi empat pasien positif corona membaik

Gorontalo, IDN Times - Kondisi pasien 01 positif COVID-19 Gorontalo asal Kabupaten Bone Bolango kian membaik. Hal itu dikonfirmasi oleh Direktur Rumah Sakit (RS) Aloe Saboe, Andang Ilato pada konferensi pers di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Gorontalo, kamis (16/4) sore.

Andang mengungkapkan, pasien 01 telah menjalani tes swab kedua dan hasilnya pasien 01 dinyatakan negatif COVID-19. Namun demikian pasien tetap menjalani perawatan lanjutan dan akan menjalani tes lanjutan untuk memastikan bahwa pasien dinyatakan sembuh.

"Pasien 01 atas nama inisial pak DD swab yang kedua untuk kita kontrol dan ternyata hasilnya, hasil swabnya negatif," ungkap Andang.

1. Jika hasil tes swab negatif maka pasien 01 akan dipulangkan

Pasien 01 Positif Corona di Gorontalo Berangsur Membaik IDN Times/Elias

Andang mengatakan, pasien asal Bone Bolango tersebut akan menjalani tes yang ketiga kalinya pada hari ke 14. Ia menyebutkan jika tes yang ketiga tetap negatif makan pasien 01 akan dinyatakan sembuh dan akan dipulangkan.

"Kalaupun hasilnya tetap negatif ini akan kita pulangkan dengan status sembuh," ujar Andang.

RS Aloe Saboe, jelas Andang, saat ini merawat pasien terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 4 orang, termasuk pasien 01. Katanya pasien 02, 03 dan 04 akan menjalani perawatan seperti yang dilakukan kepada pasien 01.

"Empat pasien yang kita rawat dengan status positif keadaan umumnya membaik" katanya.

2. RS Aloe Saboe rawat 86 pasien terindikasi corona

Pasien 01 Positif Corona di Gorontalo Berangsur Membaik Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Andang menjelaskan, dari tanggal 3 Maret 2020 hingga saat ini pihaknya telah merawat 86 pasien yang melingkupi ODP, PDP dan juga 4 pasien positif COVID-19 itu. 

"Kami telah merawat kurang lebih 86 orang baik ODP dengan PDP dan ketambahan 4 orang yang didiagnosa positif COVID-19," ungkap Andang.

Adang merincikan bahwa pasien yang masih menjalani masa perawatan di RS Aloe Saboe sebanyak 25 orang yang terdiri dari 4 orang positif corona, 18 orang PDP dan ODP 3 orang. Ia menambahkan sebanyak 59 orang lainnya telah dipulangkan dan telah melalui tes cepat atau rapid test.

Ia menjelaskan bahwa terdapat dua kasus pasien meninggal di antaranya 1 orang PDP dan 1 orang ODP. Kedua pasien meninggal tersebut terkonfirmasi negatif dan dimakamkan sesuai dengan protokol penanganan jenazah pasien COVID-19.

Baca Juga: Positif COVID-19 di Gorontalo 4 Kasus, Semuanya Terkait Ijtima Gowa

3. COVID-19 dapat sembuh dengan sendirinya

Pasien 01 Positif Corona di Gorontalo Berangsur Membaik (IDN Times/Arief Rahmat)

Andang menjelaskan bahwa orang dengan kasus COVID-19 dapat sembuh dengan sendirinya. Menurutnya dengan menjaga kondisi tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh akan terhindar dari infeksi virus corona.

"Infeksi corona ini salah satu infeksi virus yang self limiting, dia bisa sembuh sendiri dengan jalan mempertahankan (imunitas) tubuh kita," katanya.

Baca Juga: Tenaga Medis Penanganan Corona di Gorontalo Difasilitasi Hotel Damhil

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya