Air Zamzam Milik Jemaah Haji Embarkasi Makassar Telah Tiba di Sudiang

Jemaah haji tidak diperbolehkan bawa air zamzam ke pesawat

Makassar, IDN Times - Ribuan galon air zamzam milik jemaah haji Embarkasi Makassar telah tiba di Asrama Haji Sudiang, meski jadwal debarkasi atau kepulangan para jemaah masih cukup jauh.

Salah satu panitia pembantu Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Abdullah, dalam keterangan tertulis mengatakan, air zamzam tersebut akan langsung dibagikan kepada jemaah melalui PPIH daerahnya masing-masing.

"Akan dibagikan kepada para jamaah haji yang melalui embarkasi sepulang menunaikan ibadah haji di tanah suci," kata Abdullah, Senin (12/6/2023).

Baca Juga: Buras, Gunting dan Pisau Lipat Milik Jemaah Haji Sulsel Disita Bandara

1. Setiap jemaah berhak dapat 1 galon air zamzam gratis

Air Zamzam Milik Jemaah Haji Embarkasi Makassar Telah Tiba di SudiangAir zamzam milik jemaah haji asal Embarkasi/Debarkasi Makassar telah tiba di Sudiang/Humas PPIH Makassar

Menurut Abdullah, sampai saat ini pihak PPIH Embarkasi Makassar baru menerima tiga kali pengiriman air zamzam dari pihak Maskapai Garuda Indonesia sejak penerbangan haji memasuki gelombang kedua,

"Jumlahnya dalam satu Galon itu berisi 5 liter air zamzam, dan setiap jamaah akan mendapat jatah 1 galon, tanpa ada pungutan biaya," ucap Abdullah.

2. Makassar dan Kolaka sudah mengambil air zamzam

Air Zamzam Milik Jemaah Haji Embarkasi Makassar Telah Tiba di SudiangAir zamzam yang dapat diambil di Masjid Nabawi (IDN Times/Sunariyah)

Dari tiga kali pengiriman air zamzam oleh maskapai Garuda Indonesia ke PPIH Asrama Haji Sudiang Makassar, kata Abdullah, tercatat pihaknya telah menampung 6.791 galon air zamzam.

"Panitia haji daerah yang sudah mengambil jatah air zamzam-nya sudah ada dua yakni Makassar sebanyak 1.160 galon dan Kolaka Sultra 366 Galon, jadi yang tersisa saat ini sebanyak 5.265 galon," tambahnya.

3. Jemaah haji tidak diperbolehkan bawa zamzam di pesawat

Air Zamzam Milik Jemaah Haji Embarkasi Makassar Telah Tiba di SudiangJemaah Haji mengambil air zamzam yang di Masjid Nabawi (IDN Times/Sunariyah)

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Makassar, Mawardi Siradj, menambahkan, bahwa pemberian air zamzam gratis untuk jemaah haji Indonesia ini dicetuskan oleh Maskapai Garuda Indonesia beberapa tahun yang lalu,

"Selain sebagai souvenir khusus dari maskapai Garuda yang menjadi oleh-oleh paling banyak ditunggu oleh keluarga jemaah haji, pemberian air zamzam ini juga demi menjamin keselamatan penerbangan jemaah haji," kata Mawardi.

Menurut Mawardi, seluruh penumpang pesawat haji tidak diperbolehkan membawa air zamzam sendiri demi menjamin keselamatan penerbangan. Dikhawatirkan, kemasan zamzam yang dibawa penumpang tidak cukup baik sehingga akan pecah saat ditumpuk dengan barang-barang lain. Cairan tersebut bisa merembes ke luar tas dan kemudian membasahi kabel-kabel di pesawat. Akibatnya, bisa terjadi korsleting dan membahayakan penerbangan.

"Air zamzam ini didatangkan khusus oleh pihak Maskapai Haji saat memasuki penerbangan gelombang kedua, di mana saat meninggalkan embarkasi di Indonesia, pesawat membawa jemaah haji dan saat kembali membawa air zamzam," ucap Mawardi.

Jika setiap satu orang Jemaah haji di Embarkasi Makassar mendapatkan jatah 1 Galon Air zamzam, maka dapat diperkirakan bahwa pihak Maskapai Garuda Indonesia harus menyiapkan 16.923 galon air zamzam yang nantinya akan diserahkan kepada PPIH daerah dari 8 provinsi di Indonesia Timur, termasuk buat jemaah haji yang wafat di Tanah Suci.

Baca Juga: Usai Viral Mengaku Ditelantarkan, Jemaah Haji Sulsel Minta Maaf

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya