Usai Viral Mengaku Ditelantarkan, Jemaah Haji Sulsel Minta Maaf

Mereka mengaku ditelantarkan dan diusir dari hotel di Saudi

Makassar, IDN Times - Jemaah haji kloter 14 Sulsel yang mengaku ditelantarkan dan diusir dari hotel di Arab Saudi, menyampaikan klarifikasi atas viralnya video mereka yang menyebut rombongannya tidak diperhatikan oleh panitia penyelenggara ibadah haji.

Dua orang yang berbicara dalam video itu diketahui bernama Ukas dan Hatikah. Sebelumnya, mereka merekam video kondisi rombongan kloter 14 dari Luwu Utara dan Luwu Timur yang tampak terlantar di hotel.

"Saya klarifikasi video yang beredar yang menyaakan kloter 14 upg tidak diurus dan terlantar itu tidak benar," kata Ukas dalam video klarifikasi yang diterima IDN Times, Jumat (9/6/2023).

1. Permohonan maaf kepada Menteri Agama

Usai Viral Mengaku Ditelantarkan, Jemaah Haji Sulsel Minta MaafTangkapan layar video klarifikasi Hatikah, jemaah haji kloter 14 UPG/Sulsel yang sempat mengaku ditelantarkan di Arab Saudi/Istimewa

Sementara Hatikah, perekam video situasi rombongan kloter 14 Sulsel yang tampak seperti terlantar, menyatakan bahwa kejadian tersebut tidak benar. Dia juga menyampaikan permohonan maaf.

"Saya atas nama Hatikah jemaah haji kloter 14 UPG mengklarifikasi beredarnya video yang menyatakan jemaah haji kloter 14 ditelantarkan dan tidak diperhatikan, itu tidak benar," ucap Hatikah dalam video yang berbeda.

Dalam video itu juga, Hatikah menyatakan permohonan maaf kepada Menteri Agama RI, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara.

"Kepada seluruh pengurus jemaah haji Indonesia," sambungnya.

2. Ukas dan Hatikah mengaku ditelantarkan

Usai Viral Mengaku Ditelantarkan, Jemaah Haji Sulsel Minta MaafTangkapan layar video Ukas, jemaah haji kloter 14 UPG/Sulsel yang sempat mengaku ditelantarkan di Arab Saudi/Istimewa

Sebelumnya, Ukas dan Hatikah dalam sebuah video viral mengaku ditelantarkan di Arab Saudi. Dalam video tersebut, seorang pria yang belakangan diketahui bernama Ukas direkam oleh Hatikah, meminta pemerintah Sulsel turun tangan.

"Tolong pak, kami dari Luwu Utara kloter 14. Tolong semoga pihak provinsi Sulawesi Selatan memperhatikan jemaah haji kloter 14 Luwu Utara dan Luwu Timur sekarang terlantar di Arab Saudi," kata Ukas.

Video viral jemaah haji asal Sulsel itu memperlihatkan rombongan jemaah tampak menunggu di dalam lobi dan depan sebuah hotel di Arab Saudi. Barang-barang jemaah, seperti koper berukuran besar, juga tampak menumpuk di depan hotel.

Hatikah yang merekam kejadian itu mengatakan, jemaah haji Sulsel yang berada di hotel tersebut bahkan diusir keluar gedung. "Ini lansia semua, tabe bagaimana jemaah haji ini yang terlantar semua," ucap perempuan tersebut sembari terisak.

Baca Juga: Buras, Gunting dan Pisau Lipat Milik Jemaah Haji Sulsel Disita Bandara

3. Penjelasan PPIH Embarkasi Makassar

Usai Viral Mengaku Ditelantarkan, Jemaah Haji Sulsel Minta MaafSuasana Masjid Nabawi, Madinah di tengah pandemik COVID-19 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, melalui ketua kloter 14 Sulawesi Selatan, Afwan, menjelaskan, kejadian yang disebutkan dalam rekaman video bukanlah penelantaran jemaah.

Menurutnya, rombongan tesebut tengah menunggu untuk dipindahkan dari hotel yang awalnya mereka akan tempati, ke hotel lain yang letaknya lebih strategis.

"Bahwa yang dilihat di video adalah proses pemindahan jemaah satu rombongan dari Hotel Frontel Madinah yang dipindahakan ke Hotel Elaf Taeba bersama PPIH Kloter bersama ketua rombongan dan ketua regu," kata Afwan dalam rekaman video klarifikasi.

Baca Juga: Viral Jemaah Haji asal Sulsel Mengaku Ditelantarkan di Arab Saudi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya