Warning PDIP ke Seluruh Kader: Jangan Kepala Banteng, Ekornya Kambing

PDI Perjuangan minta seluruh kadernya kompak

Makassar, IDN Times - Pengurus DPW PDI Perjuangan Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) III. Kegiatan yang diikuti ribuan kader PDI Perjuangan ini berlangsung di Hotel Claro, Makassar selama dua hari mulai 28-29 Agustus 2023.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulsel, Rudy Pieter Goni, menyampaikan hasil rekomendasi dari rakerda tersebut. Salah satunya adalah seluruh kader yang diminta bekerja solid.

"Kita harus solid dan kekuatan utamanya itu adalah merebut suara rakyat. Ada dua hal yaitu voice dan choice (suara dan pilihan). Jadi kita harus keep itu dengan melakukan pergerakan terus-menerus," kata Rudy, Selasa (29/8/2023).

1. Fokus menangkan pilpres dan pileg

Warning PDIP ke Seluruh Kader: Jangan Kepala Banteng, Ekornya KambingIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Solid yang disampaikan Rudy dalam hal ini merujuk pada bagaimana kader harus kompak memenangkan kontestasi politik. Untuk saat ini, PDI Perjuangan fokus untuk memenangkan Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden serta memenangkan pemilihan legislatif 2024.

"Pilpres dengan pileg ini selaras satu nafas. Pekerjaan kita seperti yang dibilang sama Pak Komaruddin, jangan kepalanya banteng, badannya sapi tapi ekornya kambing," kata Rudy.

Dengan demikian, seluruh kader harus berjuang dan kompak memenangkan PDI Perjuangan baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, pusat hingga pemilihan presiden.

2. Harus punya taktik dan strategi

Warning PDIP ke Seluruh Kader: Jangan Kepala Banteng, Ekornya KambingRakerda III PDI Perjuangan Sulsel di Hotel Claro, Makassar, Selasa (29/8/2023). IDN Times/Istimewa

Rudy mengatakan bahwa parpol lain tentu akan berpikir sama yakni mengincar kemenangan pada pilpres maupun pileg 2024. Namun yang tidak kalah penting, kata Rudy, adalah taktik dan strategi.

"Tentu yang penting adalah taktik dan strategi. Kita di PDI P dilarang untuk melakukan hoax. Untuk melakukan ujaran kebencian, politik SARA, itu kami melarang," kata Rudy.

Selain itu, PDI Perjuangan juga mengingatkan kadernya supaya tidak ada perhitungan untung rugi dalam bekerja.

Baca Juga: Daftarkan Bacaleg, PDIP Sulsel Target 15 Kursi DPRD Sulsel

3. Target PDI Perjuangan Sulsel

Warning PDIP ke Seluruh Kader: Jangan Kepala Banteng, Ekornya KambingIlustrasi PDIP (IDN Times/Sukma Shakti)

Pada Pilpres 2024 nanti, PDI Perjuangan tentu harus memenangkan Ganjar Pranowo sebagai kader sekaligus kandidat yang diusung. Sementara pada Pileg 2024 khususnya di tingkat DPR RI, PDI Perjuangan Sulsel juga sudah memasang target.

"Kalau pileg tadi kami target dapat 6 kursi . Pada saat Rakerda sebelumnya kita 5 kursi. Jadi ada peningkatan jadi 6 kursi," kata Rudy.

Sementara untuk tingkat DPRD Sulsel, parpol yang identik dengan warna merah ini menargetkan 15 kursi. Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota, mereka menargetkan 127 kursi.

"Pulang ini harus bergerak. Tiada hari tanpa bergerak. Itu keputusan kita tadi," kata Rudy.

Baca Juga: Ketua DPP Minta Danny Pomanto Jadi Kader PDI Perjuangan Seutuhnya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya