Zudan Dukung Semua Desa di Sulbar Teraliri Listrik di 2024

Salah satu kendala pembangunan listrik terkait akses lahan

Makassar, IDN Times - Pejabat Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh menyatakan dukungan Pemerintah Provinsi terhadap PLN agar seluruh desa di daerahnya bisa teraliri listrik. Dia menyatakan Pemprov mendukung seluruh kegiatan PLN di Sulbar.

Komitmen itu disampaikan Zudan saat menerima kunjungan jajaran manajemen PLN Mamuju di Rumah Jabatan Gubernur Sulbar, Sabtu (9/9/2023). Salah satu pembahasan utama di pertemuan itu adalah upaya agar seluruh desa mendapatkan akses listrik.

"Kita ingin agar 2024 seluruh desa listrik menyala, jadi total 100 persen seluruh desa dapat mendapatkan listrik," kata Zudan dalam keterangan yang dikutip, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Listrik Padam di Sulawesi Bagian Selatan, Ini Penjelasan PLN

1. Pemprov bantu akses kelistrikan

Zudan Dukung Semua Desa di Sulbar Teraliri Listrik di 2024Pj Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh. (Dok. Pemprov Sulbar)

Zudan menyatakan pihaknya berkomitmen penuh mendukung langkah PLN di Sulbar. Terutama agar akses listrik di Sulbar seluruhnya dapat dinikmati dengan baik masyarakat.

"Termasuk untuk mengkoordinasikan dengan Menteri Kehutanan agar seluruh akses kelistrikan dapat dilintasi oleh PLN sehingga seluruh bisa menikmati listrik," ucapnya.

2. Rasio elektrifikasi 89,7 persen

Zudan Dukung Semua Desa di Sulbar Teraliri Listrik di 2024Ilustrasi Listrik PLN. (IDN Times/Arief Rahmat)

Manajer UP3 PLN Mamuju  Manihar Hutahulu mengatakan, pihaknya membangun kolaborasi dengan Pemprov Sulsel terkait pembangunan infrastruktur listrik. Termasuk rencana mengalirkan listrik di desa-desa di Sulbar pada tahun 2024.

"Kami melaporkan ke pak gubernur terkait pertumbuhan rasio elektrifikasi di Sulbar secara menyeluruh di angka 89,7 persen," katanya.

3. Belum semua desa bisa diakses karena terkendala lahan

Zudan Dukung Semua Desa di Sulbar Teraliri Listrik di 2024Petugas PLN melakukan kunjungan ke rumah pelanggan untuk memberikan pelayanan (dok. PLN)

Manihar mengatakan,  beberapa tantangan yang dihadapi PLN dikarenakan akses dan kendala lahan sehingga seluruh desa belum bisa diakses listrik secara penuh. Ia berharap izin dapat diberikan kepada PLN agar seluruh desa bisa mendapatkan listrik.

"Ini juga menjadi tantangan terkait bagaimana kami mendapatkan perizinan, yang masih menjadi tantangan terutama di akses kehutanan, apalagi banyak kawasan di Sulbar masih dalam status hutan lindung," katanya.

Ia berharap dukungan penuh dari pemerintah agar apa yang menjadi tugas PLN  di Sulbar dapat berjalan maksimal. Terutama agar seluruh desa bisa mendapatkan listrik.

Baca Juga: PLN Sulselrabar dan PLN Icon Plus Bergandengan Perluas Jangkauan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya