Listrik Padam di Sulawesi Bagian Selatan, Ini Penjelasan PLN

Ada manajemen beban bagi pelanggan hingga pekan ini

Makassar, IDN Times - Masyarakat di wilayah Kota Makassar dan sejumlah daerah di Sulawesi Selatan mengeluhkan pemadaman listrik di wilayahnya beberapa hari terakhir. Pemadaman listrik dilaporkan terjadi bergiliran.

Atas pemadaman tersebut, PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID) Sulselrabar menyatakan sedang ada infrastruktur ketenagalistrikan. Pemeliharaan disebut sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan pasokan listrik.

Baca Juga: Cara Bayar Listrik Online di HP dengan PLN Mobile

1. Pemeliharaan diharapkan rampung pekan ini

Listrik Padam di Sulawesi Bagian Selatan, Ini Penjelasan PLNPetugas PLN memeriksa keandalan jaringan listrik. (dok. PLN)

General Manager LPN UID Sulselrabar M. Andy Adchaminoerdin menjelaskan saat ini petugas PLN tengah melakukan segala upaya mempercepat proses pemeliharaan infrastruktur. Upaya itu berlangsung secara menyeluruh pada Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel).

Diketahui, sistem kelistrikan Sulbagsel telah terinterkoneksi mulai dari daratan di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara (Kolaka Utara sampai dengan Kendari) dan juga Sulawesi Tengah (Palu). Pada Rabu (6/8/2023), pukul 11.56 WITA, sekitar 4,5 persen pelanggan PLN di daerah Sulselrabar mengalami pemadaman listrik beberapa saat.

"Kami terus berupaya agar proses pemeliharaan dapat segera tuntas di pekan ini, oleh karena itu kami mohon doanya dari masyarakat sekalian," kata Andy dalam keterangan persnya.

2. Simak info pemadaman listrik di medsos PLN

Listrik Padam di Sulawesi Bagian Selatan, Ini Penjelasan PLNIlustrasi PLN Mobile (dok. PLN)

Andy mengatakan saat ini PLN mengoptimalkan petugas siang dan malam guna mempercepat pemeliharaan. "Kami juga menerjunkan tenaga ahli di beberapa titik pemeliharaan," ucapnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait lokasi manajemen beban alias pemadaman listrik dapat dilihat di media sosial resmi PLN. Antara lain di Instagram @pln123_official dan Instagram PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) masing-masing daerah. Pelanggan juga dapat memperoleh informasi melalui aplikasi PLN Mobile.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dan terima kasih atas kepercayaannya kepada PLN," kata Andy.

3. Pelanggan merasa tidak dapat info lebih awal

Listrik Padam di Sulawesi Bagian Selatan, Ini Penjelasan PLNIlustrasi meteran listrik (dok. PLN)

Di akun Instagram PLN UID Sulselrabar, @pln_sulselrabar, warganet mengirimkan beragam komentar terkait pemadaman listrik. Sebagian menyayangkan karena merasa tidak mendapatkan info lebih awal soal jadwal pemadaman. 

"KALAU MAU MATIKAN LAMPU BERGILIRAN TOLONG DIBERIKAN INFO SEBELUMNYA... SUPAYA KITA MASYARAKAT BISA LBH SIAP. INI KITA JUALAN PAKE PENDINGIN MALAH RUGI BESARKALAU MAU MATIKAN LAMPU BERGILIRAN TOLONG DIBERIKAN INFO SEBELUMNYA... SUPAYA KITA MASYARAKAT BISA LBH SIAP. INI KITA JUALAN PAKE PENDINGIN MALAH RUGI BESAR," tulis akun @khalisayuyun.

"Mati lampu tapi tidak ada informasi sebelumnya.. Kacau," tulis @bereng_bereng35.

Baca Juga: PLN Sulselrabar Nyalakan Listrik 449 Keluarga Tidak Mampu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya