Viral Anak SD Naik Pesawat Sendiri dari Makassar ke Surabaya

Netizen salut keberanian bocah tanpa pendamping di pesawat

Makassar, IDN Times - Kisah seorang bocah siswa sekolah dasar (SD) menuai simpati warganet, sebab berani seorang diri bepergian dengan pesawat. Dia terbang lintas pulau dari Makassar, Sulawesi Selatan ke Surabaya, Jawa Timur.

Kisah itu dibagikan lewat unggahan video di akun TikTok @alfretsdaleno, baru-baru ini. Unggahan memperlihatkan seorang bocah laki-laki duduk di kursi pesawat tanpa didampingi orang tua.

"Anak Kelas Satu SD Berani Berangkat Pakai Pesawat Sendiri," tulis akun tersebut, dikutip Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Polisi Selidiki Perusakan Mobil di Apartemen Makassar

1. Si bocah mengaku baru kali pertama terbang sendiri

Viral Anak SD Naik Pesawat Sendiri dari Makassar ke SurabayaTangkapan layar unggahan video kisah anak SD bepergian sendiri dengan pesawat terbang. (TikTok/@alfretsdaleno)

Dalam video unggahan itu, si bocah terlihat duduk mengenakan jaket merah dan topi. Di sampingnya ada dua penumpang lain. Si perekam video terdengar menanyai si bocah.

"Kelas berapa dek?" kata perekam yang dijawab kelas satu SD oleh bocah. Anak itu mengatakan dia bersekolah di Surabaya.

"Adek memang sering terbang sendiri?" kata si penanya. Si adik dengan tegas mengatakan, "baru kali ini."

Video di TikTok itu, hingga Senin siang, disukai 28 ribu kali dan menuai 800an komentar warganet.

2. Tidak takut terbang sendirian

Viral Anak SD Naik Pesawat Sendiri dari Makassar ke SurabayaIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Akun TikTok @alfretsdaleno mengunggah dua video tentang kisah bocah itu. Pada video berikutnya, dia kembali menanyai si bocah dengan beberapa pertanyaan.

"Kenapa terbang sendiri?" kata perekam video. "Karena suka," jawab bocah itu.

Si bocah kemudian mengatakan bahwa di Makassar, dia berangkat dari rumah dan diantarkan ke bandara. Begitu tiba di Surabaya, dia akan dijemput oleh ayahnya.

"Tidak takut?" si perekam lanjut bertanya. "Tidak," jawab bocah itu.

3. Netizen salur anak kecil bisa mandiri dan percaya diri

@alfretsdaleno

♬ suara asli - ALFRETSDALENO

Video unggahan di TikTok itu menuai beragam respons warganet. Ada yang salut dengan keberanian bocah itu karena sudah berani bepergian jauh tanpa orang tua di usianya yang masih dini.

"mslhnya bukan ada yg jaga,tpi mental anak sekecil itu bs mandiri dan pede skali,Krn anaku jg kelas 1sd jgnkan naik pesawat sndiri,skolah aja di tunggu," tulis akun @pejuangldr58 di kolom komentar.

Ada juga yang melontarkan komentar kocak dengan nada iri. "gue aja blm pernah😂 caranya gimana beli tiket nya," tulis @enzi.

Pada kolom komentar lain, sejumla pengguna TikTok mengatakan anak-anak aman bepergian dengan pesawat meski tanpa didampingi orang tua. 

"caranya diantar ke bandara diserahkan sm maskapai, trs dipakein ID card. jd dlm pengawalan maskapai. nanti ditujuan diserahkan sm yg jemput," kata @mbak Tami.

"itu namanya U.M (Unaccompanied Minor) anak tanpa pendamping ketika terbang,ak sering bawa waktu dl terbang,anak ini dijaga oleh crew pesawat," akun @Marie Bernadet Tambo menimpali.

"Spt itu di sebut Unaccompanied Minor Atau bisa juga Young Passengers Travelling Alone (YPTA). Aman koq karna ada regulasinya...," tulis @Henny Rahmawati.

Baca Juga: Gubernur Sudirman Dijadwalkan Jemput Jemaah Haji Kloter I

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya