Aparat Gabungan Bubarkan Fashion Show Waria di Makassar

Alasannya acara tanpa izin dan mengganggu kenyamanan warga

Makassar, IDN Times - Petugas gabungan dari unsur Pemerintah Kecamatan, Kepolisian, dan TNI, membubarkan acara peragaan busana waria di Jalan Bunga Ejaya, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Jumat malam (17/11/2023).

Plt. Camat Bontoala Aswin Kartapati Harun mengatakan, acara dibubarkan karena panitia tidak mengantongi izin keramaian. Selain itu acara juga dianggap mengganggu kenyamanan masyarakat setempat.

"Kegiatan ini melanggar etika budaya kita di Indonesia dan dilarang oleh agama. Sehingga setelah kita sampaikan bahwa ini melanggar etika, dan agama, mereka langsung sadar dan segera menghentikan kegiatan itu, mereka berjanji tidak akan mengulangi lagi," jata Aswin dalam keterangannya, Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga: Pemadaman Listrik PLN di Makassar Ganggu Pasokan Air PDAM

1. Fashion show jadi pembicaraan di medsos

Aparat Gabungan Bubarkan Fashion Show Waria di MakassarIlustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Aswin menerangkan, pihaknya bereaksi setelah mendapat laporan dari masyarakat terkait penyelenggaraan fashion show waria. Acara itu juga jadi pembicaraan dan heboh di media sosial. Usai menerima laporan, pemerintah kecamatan berkoordinasi dengan unsur tripika, yaitu Polsek dan Koramil Bontoala.

"Saya hubungi Kapolsek, dan Danramil mereka sudah ada di lokasi. Sehingga saya langsung menuju ke sana," kata Aswin. "Itulah kami langsung bubarkan bersama Tripika," ucapnya.

2. Acara memeriahkan pindah rumah

Aparat Gabungan Bubarkan Fashion Show Waria di MakassarPetugas gabungan membubarkan acara fashion show waria di Makassar, Jumat malam (17/11/2023). (Dok. Istimewa)

Kapolsek Kompol Muhammad Idris membenarkan soal pembubaran kontes fashion show waria di wilayahnya. Dia mengatakan, kegiatan itu digelar seorang warga untuk memeriahkan acara pindah rumah. Selain fashion show, ada acara domino pada malam sebelumnya.

“Sekitar 30 orang waria yang akan kontes pakaian dan kecantikan dalam rangkaian memasuki rumah baru salah satu warga kami bubarkan guna menjaga keamanan wilayah," kata Kapolsek.

3. Peserta dibubarkan, panggung dibongkar

Kapolsek juga menerangkan bahwa acara dibubarkan dengan alasan mengganggu keamanan warga setempat. Pihaknya ingin mencegah terjadinya hal tak diinginkan yang dipicu fashion show waria.

Kapolsek pun menjelaskan bahwa setelah petugas gabungan ke lokasi, mereka berkoordinasi dengan panitia guna membongkar kembali alat yang digunakan. Termasuk panggung yang digunakan untuk peragaan busana.

“Keamanan wilayah dan kenyamanan warga adalah hal yang paling utama yang harus kami lakukan, makanya segala kegiatan masyarakat yang akan menimbulkan dampak atau efek negatif kami akan bubarkan” kata Kapolsek.

Baca Juga: Sepasang Kekasih di Makassar Ditemukan Tewas dalam Kamar Kos

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya