Comscore Tracker

RIC Live Show Audition, Ajang Mencari Band Jagoan Tuan Rumah

Pemenangnya berkesempatan tampil di Rock In Celebes 2022

Makassar, IDN Times - Festival musik Rock In Celebes (RIC) 2022 sudah mengumumkan sejumlah band "tuan rumah" dari beragam genre tampil di Parking Lot Ambalat Trans Studio Makassar (TSM), 10-11 Desember mendatang.

Mulai dari duo folk kakak beradik Natinson, veteran hardcore Frontxside band post-rock Soleluna, serta unit crossover thrash Rising Road. Ada juga Beijing Connection yang mengusung musik emo, rapper OG Avamato, dan masih banyak lagi.

Tapi, RIC ternyata masih menyediakan beberapa tempat untuk local heroes. Bertajuk RIC Live Show Audition, puluhan band dan musisi Sulawesi Selatan menjalani kurasi sejak Jumat lalu (25/11/2022) hingga Rabu pekan depan (30/11/2022) untuk menggapai kesempatan jadi salah satu line up. Audisi ini berlangsung di dua kota dengan enam lokasi berbeda.

Baca Juga: Connected Fest di Makassar, Hubungkan Lagi Musisi dengan Penggemarnya

1. Jadi bagian dari proses kurasi RIC

RIC Live Show Audition, Ajang Mencari Band Jagoan Tuan RumahPemandangan panggung hari kesepuluh Rock In Celebes 2021, 19 Desember 2021, yang berada di parkir barat Trans Studio Mall (TSM) Makassar. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Menurut Andi Muhammad Ikhlas, co-founder Rock In Celebes, ini tak cuma sebagai "ajang pemanasan." Ini juga bertindak sebagai proses kurasi ketat yang harus mereka jaga. Terlebih band-band yang menyatakan minat berpartisipasi sangat banyak dan datang dari seluruh penjuru Sulawesi. Mulai dari Manado, Palu hingga Kendari.

"Niat awalnya mau dilaksanakan di beberapa kota, tak cuma Parepare dan Makassar. Cuma karena pertimbangan kesiapan dan timing, kita putuskan untuk memusatkannya di Makassar dan Parepare," ungkap sosok yang biasa disapa Iko itu, saat dihubungi IDN Times pada Senin (28/11/2022).

"Kita mau band-band ini berproses. Dari nama-nama yang masuk, kita preview dan kurasi lagi, apa yang mereka lakukan setahun terakhir. Live audition jadi bagian dari itu, sekalian ditonton oleh penikmat musik," imbuhnya.

2. RIC Live Show Audition berlangsung sejak Jumat pekan lalu (26/11/2022)

RIC Live Show Audition, Ajang Mencari Band Jagoan Tuan RumahBand asal Makassar, Kawan Pencerita, dalam sebuah penampilan pada September 2022. (Instagram.com/kawanpencerita)

Bothlaim Space kebagian jadi tempat pertama rangkaian RIC Live Show Audition pada Jumat silam (25/11/2022). Yang tampil yakni BYNE (dibaca "Baine"), Miracle, unit rock 'n roll The Boogie asal Gowa, serta The Routers.

Hari kedua pada Sabtu lalu (26/11/2022) berlangsung di Melos Coffee. Gypsi, Jejak Aksara, Kawan Pencerita serta kuintet pop Paradivya menghibur para pengunjung kafe di kawasan Jl. Urip Sumoharjo tersebut.

Minggu malam kemarin (27/11/2022), Floom Space jadi panggung untuk Lycka, Pelantun Keroncong, trio electronic rock asli Barru yakni Phinisi East Kingdom dan The Sunday Services pada hari ketiga audisi.

Hari keempat pada Senin ini (28/11/2022) akan berlangsung di Pyur For You. Empat nama yang akan manggung adalah Begawai, solois muda Hirah Sanada, Lostdirection plus Minamid.

3. Band-band yang ingin lolos harus penuhi sejumlah kriteria

RIC Live Show Audition, Ajang Mencari Band Jagoan Tuan RumahSuasana festival musik Rock In Celebes edisi 2018. (Dok. Rock In Celebes)

Ephemeral Queen, Impossible, Mr. Azman yang mengusung blues rock serta WEARESCO menghibur pengunjung Etika Studio pada Selasa (29/11/2022) mendatang, sekaligus jadi hari kelima.

Hari terakhir RIC Live Show Audition berlangsung Rabu pekan depan (30/11/2022) di Yops Space Parepare. Musisi asal Bandar Madani yakni Akar Langit, Carrywhite, Fais Plaintan dan Penenun Kata jadi penutup rangkaian helatan ini.

Menurut Iko, ada sejumlah kriteria yang mereka terapkan secara rutin di RIC. "Mereka telah melakukan beberapa hal penting selama setahun terakhir. Mulai dari apa gerakan yang diikuti, movement-nya, progres dalam bermusik, serta album atau single yang dirilis. Bukan cuma sisi musikalitas," jelasnya.

Baca Juga: Rock In Celebes 2022, Siapkan Selebrasi Meriah di Edisi Ke-13

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya