TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Tumis Rebung Pedas, Hidangan Lezat dan Mudah Dibuat 

Cocok untuk dijadikan ide sajian spesial di rumah

tumis rebung pedas (youtube.com/Rudy dan Sahabat TV)

Tumis rebung pedas merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Hidangan ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, dengan tekstur rebung yang renyah. Tumis rebung pedas biasanya disajikan sebagai lauk pauk.

Selain rasanya yang enak, tumis rebung pedas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Rebung merupakan sumber serat yang baik, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, rebung juga mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium.

Membuat tumis rebung pedas sebenarnya cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Penasaran dengan cara membuat tumis rebung pedas? Yuk, simak resep lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 4 Tips Memasak Rebung agar Tidak Pahit, Aromanya pun Sedap

1. Bahan-bahan yang diperlukan

ilustrasi rebung (freepik.com/mrsiraphol)

Persiapkan bahan-bahan berikut ini sebelum memasak tumis rebung pedas:

  1. 250 gram rebung, potong-potong
  2. 5 siung bawang merah, iris tipis
  3. 3 siung bawang putih, iris tipis
  4. 10 buah cabai rawit, iris tipis
  5. 2 buah cabai merah keriting, iris tipis
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1/2 sendok teh gula pasir
  8. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  9. 1/2 sendok teh lada bubuk
  10. 2 sendok makan minyak goreng

2. Cara membuat tumis rebung pedas

ilustrasi sedang memasak (freepik.com/prostooleh)

Agar rebung tidak pahit, rebus rebung dalam air mendidih selama 5 menit. Trisikan, setelah setelah itu cuci bersih rebung dengan air mengalir.

Berikutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tunggu hingga minyak goreng panas dan mulai mengeluarkan uap. Masukkan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga matang dan mengeluarkan aroma yang harum.

Masukkan cabai rawit dan cabai merah keriting ke dalam wajan. Tumis dengan api sedang hingga cabai layu dan mengeluarkan aroma harum. Tambahkan rebung. Aduk rata hingga rebung tercampur dengan bumbu. Tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan lada bubuk secukupnya, untuk menambah cita rasa. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna dan meresap ke dalam rebung.

Masak hingga rebung berubah warna menjadi kecoklatan dan bumbu meresap sempurna. Angkat tumis rebung pedas dari wajan dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga: Resep Lumpia Rebung Udang, Lezat dan Mengenyangkan!

Verified Writer

Rian Ardian

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya