TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Melipir ke Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

Pemerintah membangun lima ikon Habibie di kota itu

visitsulsel

Makassar, IDN Times - Presiden ke-3 RI, Prof DR. Ing Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie lahir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Di kota pelabuhan itu, karakter dan pendidikan Habibie kecil ditempa dengan baik oleh kedua orangtuanya, pasangan Raden Ajeng Tuti Martini Puspowodjojo dan Alwi Abdul Jalil Habibie.

Habibie bukan hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan dari orangtuanya, namun juga sejak kecil telah ditanamkan pendidikan agama yang baik.

Pencapaian yang telah diraih oleh BJ Habibie tentu menghadirkan kebanggaan besar bagi masyarakat Kota Parepare. Tak ayal, pemerintah kota menggodok berbagai program untuk mengapresiasi peran positif Habibie bagi Indonesia.

Jika kamu belum pernah ke Parepare, IDN Times mengajakmu mengenal lebih jauh tentang kota pelabuhan yang berada di bagian tengah Sulawesi Selatan itu, yuk disimak!

Baca Juga: Masih Berstatus Pelajar SMP, Dua Sejoli Ini Menikah di Parepare 

1. Gerbang kota Parepare

traveltoday.com

"Di Kota Ini Lahir Pemimpin Bangsa Presiden RI ke III Prof Dr Ing Bacharuddin Jusuf Habibie". Kalimat tersebut tertulis di gapura gerbang Kota Parepare. Ya, kota ini begitu bangga telah melahirkan seorang tokoh nasional yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe bahkan telah mencanangkan identitas 'Parepare Kota Habibie'. Hal tersebut bukan tanpa alasan jika menengok prestasi Habibie sebagai inspirator pembangunan yang menyebarkan energi positif.

Baca Juga: Wagub Sulsel: Pusat Pelayanan Sosial di Parepare Perlu Ditingkatkan

2. Parepare Kota Habibie

visitsulsel

Keseriusan pemerintah kota membangun identitas 'Parepare Kota Habibie' diwujudkan dalam pembangunan lima ikon yang melekat dengan ahli pesawat terbang lulusan Jerman itu.

Pertama Balai Ainun-Habibie yang berada di Jalan Habibie, Parepare. Bangunan tersebut digunakan sebagai gedung pertemuan milik pemerintah. Kemudian ada juga Rumah Sakit Pendidikan Ainun-Habibie yang dirancang untuk menampung hingga 1.000 pasien. Rumah sakit ini sedang dalam proses pembangunan.

Lalu ada Institut Teknologi Habibie yang saat ini tengah digodok oleh pemerintah kota. Kampus tersebut berfokus pada pengembangan pendidikan bidang teknologi. Kemudian telah dibangun Monumen Cinta Ainun Habibie. Monumen ini berbentuk patung yang menampilkan sosok Habibie dan Ainun.

Terakhir, juga tengah digodok pemerintah, yaitu Museum Habibie. Museum didirikan guna menjadi destinasi wisata pendidikan dan sejarah bagi generasi muda Sulawesi Selatan.

Baca Juga: 5 Wisata Hits di Parepare Ini Pas Banget Buat Nongkrong Weekend

Berita Terkini Lainnya