Comscore Tracker

Panduan Wisata Pulau Samalona, Pesisir Eksotis di Makassar

Salah satu obyek wisata populer bagi pencinta pantai

Pulau Samalona merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Kota Makassar. Berjarak sekitar dua kilometer dari daratan Kota Makassar, pulau seluas 2,34 hektare itu kerap didatangi para pelancong lokal maupun mancanegara.

Pulau Samalona adalah salah satu dari sedikit destinasi wisata pesisir otentik di sekitar ibu kota Sulawesi Selatan. Hamparan pasir putih, birunya laut dan gugusan terumbu karang langsung menyambut setiap pengunjung yang datang.

Kamu baru pertama kali ke Makassar dan pengin berkunjung ke Samalona? Jangan khawatir, berikut IDN Times menyusun panduan singkatnya. Disimak, ya!

Baca Juga: Wisata Pantai Akkarena, Spot Sunset Romantis di Kota Makassar

1. Menyelam menikmati keindahan bawah laut

Panduan Wisata Pulau Samalona, Pesisir Eksotis di MakassarPemandangan terumbu karang bawah laut sekitar Pulau Samalona, salah satu obyek wisata di Kota Makassar. (Dok. Robi'ah al-Asnawiyah - Instagram.com/nok_asna)

Daya tarik utama Samalona tentu saja adalah keindahan bawah laut. Gak heran karena pulau yang masuk wilayah administratif Kecamatan Ujung Pandang tersebut adalah bagian dari Gugusan Spermonde.

Saat menyelam, pengunjung langsung bertemu hamparan terumbu karang indah, ikan-ikan beraneka warna serta kuda laut yang populasinya masih banyak. Makin kece karena air laut sekitar Samalona masih jernih. Biar makin eksotis, disarankan menyelam saat pagi.

Oh iya, di Samalona juga terdapat penangkaran penyu, salah satu biota laut yang keberadaannya terancam.

2. Sewa vila atau berkemah? Sesuaikan dengan bujet

Panduan Wisata Pulau Samalona, Pesisir Eksotis di MakassarSalah satu bangunan yang berada di Pulau Samalona, salah satu obyek wisata di Kota Makassar. (Instagram.com/cr24man)

Pengin berlama-lama di Samalona? Bisa juga, kok. Terdapat beberapa guest house dan vila yang dikelola secara mandiri oleh warga setempat. Harganya berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu per malam, tergantung fasilitas yang ada. Disarankan untuk datang dengan rombongan sebab gak ada yang disewakan per kamar, tapi seluruh rumah. Dan juga biar bisa patungan.

Kalau kamu butuh fasilitas lengkap, kayak pendingin ruangan dan fasilitas makan, ada Samalona Reservation Resort yang dikelola perusahaan swasta. Tapi, tempatnya harus dipesan sejak jauh-jauh hari.

Dalam mode irit? Tenang, kamu bisa mendirikan tenda di beberapa spot lapang di tepi pantai. Kapan lagi kan bisa berkemah dan bakar api unggun dengan pemandangan pantai eksotis?

3. Melihat peninggalan sejarah dari dekat

Panduan Wisata Pulau Samalona, Pesisir Eksotis di MakassarBangunan pesanggrahan milik Makassaarsche Zeil Vereeniging (Perhimpunan Layar Makassar) yang berada di Pulau Samalona pada dekade 1930-an. (Tropenmuseum, part of the National Museum of World Cultures)

Di Pulau Samalona terdapat dua peninggalan bersejarah. Pertama adalah makam tua yang dipercaya sudah ada sebelum Islam masuk ke Sulsel. Makanya, makam tersebut tidak menghadap kiblat. Sebagian menyebut bahwa jenazah yang dikuburkan berasal dari suku Bajoe. Ini gak lepas dari letak Samalona yang berada di tengah jalur pelayaran para pelaut dan pedagang zaman dulu.

Selain itu, terdapat juga sebuah reruntuhan bangunan pesanggrahan milik Makassaarsche Zeil Vereeniging (Perhimpunan Layar Makassar). Ketika masa kolonial Belanda, Pulau Samalona dikenal sebagai tempat beristirahat dan vakansi para pejabat tinggi. Didirikan lebih dari seabad lalu, kini bangunannya rubuh dimakan usia. Cuma tersisa atap dan ubin lantai.

4. Menikmati panorama senja dengan tenang

Panduan Wisata Pulau Samalona, Pesisir Eksotis di MakassarPemandangan tepian pantai Pulau Samalona, salah satu obyek wisata di Kota Makassar. (Dok. Robi'ah al-Asnawiyah - Instagram.com/nok_asna)

Hamparan pantai pasir putih di Pulau Samalona juga menawarkan panorama matahari tenggelam nan indah. Kian terasa romantis karena suasana pesisirnya tenang banget, ditumbuhi pepohonan rindang, dan gak banyak orang atau pedagang. Dijamin nyaman maksimal!

Pemandangannya juga dijamin cocok bagi pencinta fotografi. Kamu bisa memotret pantai, lanskap laut, dermaga hingga aktivitas warga setempat yang sudah turun temurun tinggal di Samalona.

5. Tersedia sejumlah fasilitas yang bisa digunakan pengunjung

Panduan Wisata Pulau Samalona, Pesisir Eksotis di MakassarPemandangan dermaga Pulau Samalona, salah satu obyek wisata di Kota Makassar. (Dok. Muhammad Sahid - Instagram.com/sahid_muh)

Selain penginapan dan homestay, terdapat juga warung makan yang menawarkan berbagai jenis makanan laut hasil tangkapan nelayan setempat. Selain itu ada juga penyewaan peralatan selam serta snorkeling (bersama pemandunya), tenda payung di tepi pantai serta gazebo untuk bersantai.

Ada juga banana boat bagi kamu yang senang dengan aktivitas pemacu adrenalin. Terdapat juga musala, listrik serta toilet umum. Tapi, air tawar di pulau ini masih terbatas.

6. Butuh perjalanan laut setengah jam dari Dermaga Bangkoa

Panduan Wisata Pulau Samalona, Pesisir Eksotis di MakassarPemandangan tepian pantai Pulau Samalona, salah satu obyek wisata di Kota Makassar. (Instagram.com/renibean)

Untuk mencapai pulau berpenduduk sekitar 82 jiwa tersebut, kamu harus menaiki perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar setengah jam dari Dermaga Bangkoa (200 meter utara Pantai Losari). Biaya sewa perahunya antara Rp500 ribu hingga Rp700 ribu. Tapi bisa lebih murah kalau kamu lihai menawar.

Pulau ini terbuka 24 jam tanpa tiket masuk, sebab penduduk dan pengunjung selalu beraktivitas sepanjang hari. Siapkan juga uang tunai untuk membeli makanan serta membayar sewa penginapan.

Nah, itu tadi beberapa informasi tentang Pulau Samalona bagi kamu yang tertarik berkunjung. Jangan lupa selalu perhatikan info terkini terkait tempat wisata dan aturan pemerintah terkait pencegahan penularan COVID-19.

Baca Juga: 6 Kuliner Lokal di Makassar yang Paling Banyak Direkomendasikan Turis

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya