Comscore Tracker

Mengintip Surga Tersembunyi di Kabupaten Maros

Air terjun Maddenge unik dibanding air terjun biasanya

Kabupaten Maros, IDN Times - Ada banyak destinasi wisata alam yang sayang dilewatkan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Seperti wilayah dataran tinggi Malino, Toraja, Tanjung Bira dan Taman Nasional Bantimurung. 

Di Kabupaten Maros, yang tidak jauh dari Makassar, ibu kota Sulsel, selain air terjun Bantimurung yang sudah lama terkenal sejak era Alfred Russel Wallace di abad 19. Tak hanya itu, ada air terjun yang tidak kalah kerennya, yakni air terjun Maddenge di Desa Pattiro Deceng, Kecamatan Camba.

Jarak dari Makassar ke lokasi air terjun Maddenge ini sekitar 80 kilometer, melalui jalur jalan propinsi Maros-Bone. Bisa ditempuh menggunakan mobil atau sepeda motor sekitar 2 jam dengan waktu normal. Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, bisa juga menggunakan kendaraan umum, seperti mikrolet dari kota Makassar atau dari kota Maros menuju Camba dengan tarif berkisar Rp 50 ribu. 

Sebelum memasuki daerah Camba, harus melintasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Selain  air terjunnya, Bantimurung juga menjadi habitat berbagai jenis kupu-kupu terbesar di dunia dan habitat kera khas Sulawesi, Macaca Maura.

1. Sumber air muncul di antara dua tebing raksasa

Mengintip Surga Tersembunyi di Kabupaten MarosIDN Times/Abdurrahman

Keunikan air terjun Maddenge ini yakni sumber airnya meluncur di antara dua tebing berukuran raksasa. Di antara dua tebing ini juga terdapat aliran sungai yang menjadi tempat favorit traveller berendam. Aliran hulu sungai ini dari mata air gunung Bulusaraung. 

Untuk bisa sampai ke air terjun Maddenge, traveller harus mendaki melewati perkampungan warga. Bagi traveller yang menggunakan kendaraan bermotor, hingga di perhentian terakhir, harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer melewati semak dan ladang warga setempat sebelum sampai di lokasi air terjun. 

2. Air terjun Maddenge favorit pengguna media sosial

Mengintip Surga Tersembunyi di Kabupaten MarosIDN Times/Abdurrahman

Sebelum tren media sosial, air terjun Maddenge hanya dikenal oleh warga sekitar dusun Maddenge, sebagai tempat memasang selang air untuk menyalurkan air ke rumah-rumah warga. Selain itu, aliran sungainya juga dimanfaatkan warga untuk mengairi sawah dan ladang. Sekarang, air terjun Maddenge menjadi tempat favorit pengguna Instagram dan Facebook, untuk berfoto selfie di depan air terjun, untuk dipamer di akun media sosialnya. Selain komunitas traveller, ada juga komunitas fotografi yang gemar berburu foto landscape. 


“Tempat ini menjadi terkenal setelah gambarnya menyebar di sosial media, sekarang sudah banyak orang luar Camba yang datang ke sini,” ujar Darul, tokoh masyarakat Dusun Maddenge. 

 

3. Traveller bisa camping di sekitar kawasan air terjun Maddenge

Mengintip Surga Tersembunyi di Kabupaten MarosIDN Times/Abdurrahman

Traveller yang ingin berlama-lama di sekitar air terjun bisa camping di sekitar  kawasan air terjun. Ada traveller yang mendirikan tenda di daerah bebatuan yang datar dan lebar, ada juga yang menggantung hammock di pohon untuk tidur-tiduran. 

Lokasi air terjun yang tersembunyi di atas perkampungan warga dan rutenya yang masih alami, membuat traveller yang menginap di kawasan air terjun bisa menikmati sensasi menginap di dalam hutan belantara. Jalur ke tempat ini memang belum tersentuh dinas pariwisata setempat. 

Traveller yang camping di air terjun Maddenge harus membawa jaket tebal karena udara di malam hari biasanya sangat dingin. Jangan khawatir dengan gangguan hewan liar. Tempat ini sudah jarang dijumpai kera atau babi hutan, sejak warga Dusun Maddenge banyak yang bermukim dan berladang di lereng pebukitan, yang menghubungkan warga desa di Kabupaten Maros dengan warga desa lainnya di Kabupaten Pangkep. 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Unggulan di Lembang yang Wajib Dikunjungi 

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You