Comscore Tracker

Skor 2-1, Tampines Rovers Tundukkan PSM Makassar

PSM tampil tertekan sejak babak pertama

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kalah 1-2 dari Tampine Rovers pada pertandingan perdana kualifikasi Grup H AFC Cup 2020, Rabu (12/2) malam. PSM tertinggal dua gol lebih dahulu sebelum memperkecil ketertinggalan, pada laga yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Singapura.

Dengan hasil ini, PSM gagal membawa pulang poin. Untuk sementara tim Juku Eja bertengger di peringkat tiga klasemen. Tampine Rovers dengan koleksi tiga poin duduk di peringkat kedua. Dengan poin sama, Kaya Iloilo nangkring di puncak klasemen, setelah menang 2-0 atas Shan United tadi sore.

PSM memulai laga dengan menyertakan tiga pemain barunya sekaligus, yaitu Serif Hasic, Roni Beroperay, dan Yakob Sayuri. Padahal tiga pemain ini baru diperkenalkan sebagai bagian tim asuhan Bojan Hodak pada Senin (10/2), atau dua hari jelang pertandingan.

Di babak pertama, nyaris tidak ada peluang berbahaya yang diciptakan PSM sebagai tim tamu. Sebaliknya, tuan rumah lebih banyak mendominasi permainan, terutama di lapangan tengah.

Tampine Rovers berhasil unggul 1-0 di menit ke-23 berkat gol Jordan Webb. Pemain bernomor 7 menyarangkan bola ke gawang setelah bermain umpan satu dua dengan M Yasir Hanapi. Gol itu tak terlepas dari kesalahan bek PSM Roni yang gagal menyapu bola di dalam kotak penalti.

Hingga pertandingan jeda, skor 1-0 tak berubah. Di babak pertama, pertandingan juga diwarnai dua kartu kuning bagi PSM.

Keluar dari kamar ganti, PSM punya kesempatan menyamakan skor. Ferdinand Sinaga melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-46, tetapi bola meluncur tepat ke pelukan kiper Rovers, Syazwan Buhari.

Di menit ke-62, Ferdinand Sinaga kembali mencatatkan peluang ketika berhasil merangsek ke kotak penalti lawan. Namun kali ini tendangannya mampu diblok kiper, sedangkan bola rebound yang disambar Giancarlo Rodrigues tak mampu mengenai sasaran.

Berusaha mengejar ketertinggalan, PSM malah kembali kebobolan di menit ke-63. Tampine Rovers menggandakan skor lewat kaki Boris Kopitovic, yang mencetak gol usai menang sprint lawan palang pintu pertahanan PSM, Hussein El Dor.

Keunggulan 2-0 Tampine Rovers tak bertahan lama. Tim Ayam Jantan dari Timur akhirnya mencetak gol balasan di menit ke-67. Ferdinand mengonversi umpan Rizky Pellu dari sayap kanan menjadi gol lewat tendangan first time jarak dekat. Skor jadi 2-1.

PSM sedikit kewalahan mengimbangi permainan tuan rumah karena tak diperkuat playmaker Wiljan Pluim. Di pertengahan babak kedua, Hodak memasukkan gelandang Rasyid Bakri untuk memperkuat lini tengah. Ahmad Agung ditarik keluar.

Potensi untuk menyamakan hasil pertandingan Juku Eja semakin terbuka, terlebih pelatih Bojan Hodak telah melakukan dua kali pergantian pemain sepanjang perjalanan babak kedua. Menit 79, Yakob Sayuri berpeluang setelah mendapat bola liar dari depan kotak penalti, sayangnya bola yang terlalu lama direbut pemain belakang lawan.

PSM kembali mendapatkan peluang untuk menyamakan hasil. Tendangan bebas Giancarlo menit 83, hanya mampu menggetarkan jala gawang Syazwan. Sepakannya yang akurat membentur tiang gawang. PSM harus kekurangan satu orang pemain, setelah Serif Hasic dikartu merah karena dianggap dengan sengaja menjatuhkan pemain Tampines Rovers.

Masuknya Bayu Gatra dan Rezky Eka jelang tambahan waktu tiga menit belum bisa dimanfaatkan PSM untuk menyamakan kedudukan. Hasil 2-1 bertahan hingga peluit babak kedua berbunyi. Hasil ini menjadi kekalahan pertama yang diderita Ferdinad Sinaga dan kawan-kawan di pertarungan Grup H AFC Cup 2020.

Baca Juga: Antar Lini Tampines Rovers vs PSM Makassar: Adu Kuat Legiun Asing

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya