Comscore Tracker

Pelatih Kalteng Putra Ungkap Faktor Kekalahan dari PSM Makassar  

Hasil akhir 2-1 untuk kemenangan tuan rumah PSM Makassar

Makassar, IDN Times - Kalteng Putra harus mengakui keunggulan PSM dalam laga lanjutan Liga 1 2019, di Stadion Mattoanging, Rabu (6/11). Ambisi tim tamu untuk meraih poin penuh seketika sirna, ketika mereka harus bermain dengan 10 orang.

Pemain pengganti Abdul Rahman Abanda diganjar kartu merah wasit setelah dianggap melanggar Benny Wahyudi, pada menit ke-78. Pelatih Kepala Kalteng Putra Mario Gomez de Oliviera mengungkapkan, jika kondisi tersebut menjadi faktor mendasar kekalahan timnya.

“Sangat berpengaruh, pemain kita kartu merah dan sangat berimbas dengan kita punya tim dan juga permainan kita di lapangan,” kata Gomez dalam jumpa pers setelah pertandingan.

Laga ini berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan PSM Makassar.

Baca Juga: Tumbangkan Kalteng Putra, PSM Makassar Geser Posisi Persib Bandung 

1. Skema yang diterapkan dianggap gagal

Pelatih Kalteng Putra Ungkap Faktor Kekalahan dari PSM Makassar  Media Officer PSM Makassar

Tim tamu sebenarnya dapat mengimbangi permainan PSM. Hingga 20 menit awal babak pertama, Laskar Isen Mulang lebih mendominasi penguasaan bola. Terbukti pada menit 17, Ahmad Pandi Lestaluhu berhasil menggetarkan jala gawang Rivky Mokodompit.

Keunggulan itu cukup bertahan lama. Bahkan menghampiri menit akhir babak pertama. Memasuki menit 45, barulah penyerang asing PSM, Amido Balde mampu menyamakan kedudukan timnya. Skor 1-1 kemudian bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua kata Gomez, rotasi dilakukan sebagai rangkai penerapan skema baru. Nahas karena ngototnya permainan kedua tim, membuat tensi sedikit memanas. Puncaknya ketika kartu merah yang didapatkan pemainnya.

“PSM tim yang bagus dengan kualitas pemain yang baik juga. Tapi kita masih bisa melawan dan seharusnya kita lebih bisa agresif lagi untuk bisa melawan. Tapi itulah keputusan wasit,” terangnya.

2. Pemain telah bekerja keras sepanjang pertandingan

Pelatih Kalteng Putra Ungkap Faktor Kekalahan dari PSM Makassar  Instagram/@kaltengputra_id

Mendampingi pelatih kepala, pemain Kalteng Wasiat Hasbullah mengatakan, ia dan pemain lain telah bekerja keras sepanjang pertandingan. Bermain sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh pelatih.

Sayangnya karena atmosfer pertandingan yang cukup panas, membuat salah satu rekan setimnya harus mandi lebih dulu. “Kami sudah berjuang sangat keras untuk pertandingan tadi. Tapi itulah hasil yang kita harus terima,” imbuhnya.

3. Kekalahan sebagai bahan evaluasi untuk pertandingan selanjutnya

Pelatih Kalteng Putra Ungkap Faktor Kekalahan dari PSM Makassar  IDN Times/Daruwaskita

Gomez, mengapresiasi kerja keras seluruh anak asuhnya yang berjuang keras sepanjang berjalannya laga. Kekalahan ini katanya, akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk timnya agar dapat memetik hasil maksimal di sisa laga berikutnya.

“Kami akan pulang kembali ke Palangkaraya. Di sana kami akan perbaiki dulu kondisi ini. Kami mau tenangkan diri dulu. Karena masih ada sisa pertandingan lagi kami akan fokus nanti untuk bagaimana dapat hasil, dapat poin bagus di kandang,” kata pelatih berkebangsaan Brasil itu.

Baca Juga: Asa Kalteng Putra, Taklukkan PSM Makassar agar Keluar Zona Degradasi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You