Pakai Busana Adat, PSM Makassar Perkenalkan Skuad Lengkap Liga 1 2020

Sebagai penanda kesiapan PSM Makassar mengarungi kompetisi

Makassar, IDN Times - PSM Makassar resmi memperkenalkan skuad lengkap jelang gelaran kompetisi Liga 1 Indonesia 2020. Sebanyak 30 pemain diperkenalkan dalam peluncuran di Stadion Mattoanging, Kamis (27/2) malam.

Mereka diperkenalkan di hadapan masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar dalam balutan busana adat. Puluhan pemain dan tim kepelatihan melenggak bak model di atas panggung.

Bukan kostum kebanggaan tim untuk musim 2020 ini yang diperkenalkan, namun busana adat Makassar dengan perpaduan warna merah sesuai dengan ikon PSM Makassar, membalut tubuh pemain, pelatih dan manajemen.

"Hari ini kami hadir dengan pakaian adat. Hari ini kami datang dengan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hari ini, kami ingin memperlihatkan kepada seluruh warga Sulsel inilah pejuang-pejuang bola yang tidak akan mempermalukan kota ini," ungkap CEO PSM Makassar Munafri Ariduddin di sela perkenalan pemain.

1. Perkenalan skuad komplit jadi penanda kesiapan PSM Makassar berburu gelar juara Liga 1 Indonesia 2020

Pakai Busana Adat, PSM Makassar Perkenalkan Skuad Lengkap Liga 1 2020Launching skuad PSM Makassar Liga 1 Indonesia 2020. IDN Times/Sahrul Ramadan

Munafri Arifuddin mengatakan, kelengkapan seluruh pemain ini menandai kesiapan tim dalam mengarungi sengitnya pertarungan untuk memperebutkan gelar juara dalam kompetisi Liga 1 Indonesia 2020.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini menurut Munafri, tim PSM Makassar ditekankan agar lebih bekerja keras untuk dapat meraih target tertinggi dalam kompetisi.

"Kenapa malam ini kita muncul dengan pakaian khas adat Makassar supaya ada fighting spirit, kita siap berperang di mana saja. Intinya adalah, berjuang tanpa kenal lelah di musim ini," tegas Munafri.

2. Pelatih Bojan Hodak ditekankan lebih jeli melihat kekurangan tim

Pakai Busana Adat, PSM Makassar Perkenalkan Skuad Lengkap Liga 1 2020Launching skuad PSM Makassar Liga 1 Indonesia 2020. IDN Times/Sahrul Ramadan

Musim ini, kompetisi bakal dimulai pada 29 Februari hingga 1 November 2020. 18 klub peserta liga bakal bersaing memperebutkan gelar juara. Sebanyak 306 pertandingan bakal digelar selama satu musim, yang akan melangsungkan sembilan pertandingan setiap pekannya.

Munafri sepenuhnya mempercayakan pelatih kepala Bojan Hodak, untuk mampu membawa tim ini meraih apa yang selama ini menjadi ambisi PSM Makassar. Bojan ditekankan agar lebih jeli melihat sisi lain dari kekurangan tim sebelum liga bergulir.

Menurut Munafri, masih ada sisa waktu untuk melakukan persiapan hingga pembenahan di dalam tim yang dianggap masih bermasalah. "Pelatih dapat melihat di mana kekurangan-kekurangan itu," terang Munafri.

Baca Juga: Parade Jersey PSM Makassar dari Masa ke Masa (1)

3. Kekompakan tim adalah modal utama untuk mempersembahkan gelar juara

Pakai Busana Adat, PSM Makassar Perkenalkan Skuad Lengkap Liga 1 2020Launching skuad PSM Makassar Liga 1 Indonesia 2020. IDN Times/Sahrul Ramadan

Munafri menggambarkan jika musim kompetisi tahun ini bakal semakin sengit. Seluruh tim, menurut Munafri, pasti akan tampil habis-habisan untuk meraih hasil terbaik hingga musim kompetisi berakhir. Begitupun dengan PSM Makassar.

Sebagai acuan agar dapat tampil dengan performa maksimal dalam setiap laga, Munafri menekankan agar pemain konsisten untuk menjaga ritme permainan. Khususnya, kekompakan tim PSM Makassar.

"Kita harus punya fighting spirit yang harus lebih lagi dan lagi. Yang paling penting adalah agaimama kita bisa menjaga dan mempertahankan kekompakan," tegasnya.

Baca Juga: Profil Klub Liga 1 2020: Melihat Hasil "Cuci Gudang" PSM Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya