TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sempat Dihentikan, Laga Persik Vs PSM Berakhir Imbang 1-1

Tuan rumah samakan kedudukan usai pertandingan dilanjutkan

Salah satu momen pertandingan pekan ke-23 BRI Liga 1 2023-24 antara Persik Kediri versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Brawijaya Kediri, Senin 18 Desember 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Makassar, IDN Times - PSM Makassar hanya bisa memetik satu poin dalam laga tandang pekan ke-23 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Brawijaya Kediri, Senin sore (18/12/2023). Mereka bermain imbang  1-1 melawan tuan rumah Persik Kediri.

Tanpa gol di babak pertama, tensi pertandingan baru meningkat drastis pada babak kedua. Setelah saling bertukar serangan, PSM akhirnya bisa memecah kebuntuan lewat gol Yuran Fernandes pada menit ke-87. Setelah pertandingan sempat terhenti, Persik akhirnya menyamakan kedudukan tepat di pengujung waktu normal.

Tambahan satu poin tak membuat PSM Makassar beranjak dari posisi 10 klasemen sementara dengan koleksi 29 poin. Adapun Persik masih berada di peringkat 6 dengan perolehan 34 poin.

Jalannya pertandingan :

Kedua tim bermain dalam tempo sedang sejak babak pertama. Persik tak leluasa mengirim serangan ke kotak penalti lawan lantaran pergerakan dua motor serangan mereka, Ze Valente dan Renan Silva, bisa dikunci sepanjang 25 menit awal.

Sementara itu, PSM lebih banyak bersabar dan menunggu kesempatan mengirim serangan balik. Kombinasi long ball dan aksi individu para pemain di sektor sayap bisa merepotkan tuan rumah.

Tensi baru meningkat pada menit ke-29. Upaya percobaan striker PSM yakni Adilson dari luar kotak penalti bisa dihalau oleh salah satu bek Persik. Beberapa detik kemudian, tendangan jarak jauh Yakob yang manfaatkan bola liar halauan sepak pojok masih melenceng dari sasaran.

Menit ke-31, peluang berhasil dihasilkan oleh Persik. Diawali dari sepak pojok Symen Lyngbo, bek tengah Ahmad Agung bisa meyambut bola dengan kepalanya. Tapi upaya sundulannya masih melebar dari sasaran.

Lima menit berselang, PSM mendapat peluang dari bola mati. Kenzo Nambu dipercaya mengeksekusi tendangan bebas dari jarak sekitar 20 meter. Sayang sekali, tembakan melengkungnya masih terlalu pelan dan langsung mengarah ke kiper Persik yakni Dikri Yusron.

Striker Persik, Flavio Silva, akhirnya mendapat peluang pada menit ke-39. Ia coba menyambut crossing Symen Lyngbo dengan kepalanya. Tapi upaya pemain asal Guinea-Bissau tersebut masih melebar dari sasaran. Tak ada gol tercipta hingga kedua tim masuk masa turun minum.

Tensi pertandingan baru meningkat pada babak kedua. Menit ke-52, gelandang Persik yakni Renan Silva, memanfaatkan umpan matang dari Ze Valente menjadi tembakan first time. Tendangannya masih melenceng dari sasaran, melewatkan peluang berharga untuk membuka keunggulan bagi Persik Kediri.

Tiga menit berselang, Renan Silva mendapat kesempatan untuk melakukan shooting dari jarak dekat setelah menerima umpan Flavio. Lagi-lagi, upaya motor serangan Persik tersebut gagal karena  berhasil diblok oleh bek PSM yakni Safrudin Tahar.

Drama tercipta pada menit ke-58. ketika kiper Dikri Yusron terlibat dalam insiden kontroversial, terlihat melanggar Adilson di dalam kotak penalti. Meskipun terjadi pelanggaran cukup jelas, wasit tidak memberikan hadiah penalti pada PSM.

Masuk menit ke-61, striker Persik yakni Flavio kembali mendapat kesempatan emas. Ia melepas tembakan jarak dekat setelah menerima umpan pantul dari Ze Valente. Kiper PSM yakni Reza Ary dengan brilian berhasil menghalau bola dalam situasi satu lawan satu, sukses mengamankan gawangnya.

Empat menit kemudian, giliran Pasukan Ramang menciptakan ancaman serius. Untung saja kiper Dikri Yusron berhasil menghalau umpan Rizky Eka sebelum bisa dieksekusi dengan sempurna oleh Yakob Sayuri.

Ze Valente kembali mencoba peruntungannya dengan tendangan voli pada menit ke-66. Tapi tendangannya masih melebar dari sasaran, dan lagi-lagi membuang peluang untuk Macan Putih.

Masih menit ke-69, pemain PSM yakni Ze Paulo mendapat peluang emas setelah gawang terbuka lebar. Tapi tendangan first time gelandang asal Brasil tidak akurat, gagal memanfaatkan situasi yang harusnya menguntungkan.

Bek Persik, Ahmad Agung, melakukan aksi gemilang dengan melakukan penyelamatan di tepi garis gawang pada menit ke-74. Ia menghalau sepakan jarak dekat Ricky Pratama yang sebelumnya gagal dihalau oleh kiper Dikri Yusron, mencegah PSM ciptakan gol pertama.

Strategi pergantian Bernardo Tavares berhasil mendongkrak intensitas serangan PSM. Salah satunya terjadi pada menit ke-83, saat Ricky Pratama melepas tembakan jarak dekat saat menerima bola liar tendangan bebas Yakob Sayuri. Tapi percobaan striker 20 tahun tersebut masih melebar.

Insiden kontroversial terjadi pada menit ke-86. Bola sundulan Yuran Fernandes sudah melewati garis gawang. Pertandingan sempat kembali dilanjutkan, tapi gol disahkan setelah wasit Yudi Nurcahya berdiskusi dengan hakim garis.

Insiden keributan dengan oknum suporter Persik kemudian terjadi tak lama setelah gol Yuran disahkan. Yudi Nurcahya dan tiga asistennya kemudian diamankan ke dalam ruangan wasit. Ini membuat pertandingan terhenti selama lebih dari 1 jam, dan baru dilanjutkan dari menit ke-88.

Sayang, keunggulan PSM tak bertahan lama. Winger Persik Jeam Sroyer yang masuk sebagai pemain pengganti sukses mencetak gol penyelamat masa injury time. Skor 1-1 menutup duel yang berlangsung panas tersebut.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

Persik Kediri (4-3-3)

Dikri Yusron (GK); Symen Lyngbo (Ahmad Nuri Fasya, 46'), Ahmad Agung, Vava Mario Yagalo (Jeam Kelly Sroyer, 87'), Yusuf Meilana; Krisna Bayu Otto, Rohit Chand, Ze Valente; Mochammad Supriadi (Irfan Bachdim, 70'), Flavio Silva (Mohammad Khanafi, 78'), Renan Silva

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes (Ifan Nanda Pratama, 87'), Safrudin Tahar; Adilson da Silva (Joao Pedro, 71'), Muhammad Arfan (Dzaky Asraf, 81'), Akbar Tanjung, Kenzo Nambu (Rizky Eka Pratama, 46'), Yakob Sayuri; Victor Mansaray, Ze Paulo (Ricky Pratama, 71')

Baca Juga: Ikut Official Training, Victor Mansaray Masih Berstatus Pemain PSM

Berita Terkini Lainnya