Yakob Sayuri Batal Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Tidak ikut berangkat ke Irak untuk jalani laga pembuka

Makassar, IDN Times - Winger PSM Makassar, Yakob Sayuri, tak ikut berangkat ke Irak untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2026. Padahal, ia sudah pulih dari cedera dan tampil penuh dalam laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2023-24 kontra Dewa United, Minggu kemarin (12/11/2023).

Dikutip dari situs resmi PSSI pada Senin (13/11/2023), Yakob absen lantaran akan menggelar pernikahan dalam waktu dekat. Selain Yakob, masih ada pemain lain yang urung diboyong yakni bek tengah Andy Setyo lantaran masih mengalami cedera.

1. Yakob Sayuri akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat

Yakob Sayuri Batal Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala DuniaPesepak bola Timnas Indonesia Yakob Sayuri (tengah) mencoba melewati pesepak bola Timnas Palestina Mahmoud Abu Warda (kanan) dan Yaser Hamed (kiri) pada pertandingan FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/6/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.

Sejatinya, Yakob dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Indonesia dalam laga kualifikasi melawan Irak dan Filipina pada 2 November lalu. Tapi, saat itu, ia sudah absen selama dua bulan lantaran cedera ACL yang dialami pada laga pekan ke-10 Liga 1 melawan Persis Solo.

Alhasik, pemanggilannya ke Timnas cukup mengherankan banyak suporter PSM. Meski begitu, Shin Tae-yong memang sering memanggil pemain yang sedang dalam tahap pemulihan cedera. Ini untuk memantau mereka secara dekat.

2. Sebelumnya, Yakob tak bisa memperkuat Timnas lawan Brunei Darussalam karena cedera

Yakob Sayuri Batal Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala DuniaTimnas Indonesia latihan di lapangan vinyl jelang lawan Brunei. (pssi.org).

Praktis, tak ada satupun pemain PSM yang dipanggil ke Timnas Indonesia untuk agenda FIFA Matchday bulan November. Sebelumnya pada putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam, Oktober lalu, saudara kembar Yakob yakni Yance terpilih dalam skuat Merah Putih.

Meski begitu, Yance harus gigit jari lantaran dicoret jelang leg pertama yang berlangsung pada 12 Oktober. Winger muda Dzaky Asraf didapuk sebagai pengganti Yance, meski hanya duduk manis di bangku cadangan sepanjang dua leg.

3. Sepanjang tahun 2023, Shin Tae-yong memanggil lima pemain PSM Makassar

Yakob Sayuri Batal Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala DuniaTiga pemain PSM Makassar yakni Yance Sayuri (kiri), Reza Arya Pratama (tengah) dan Yakob Sayuri (kanan) selepas laga uji coba Timnas Indonesia kontra Argentina di SUGBK Jakarta, Senin 19 Juni 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Sepanjang tahun 2023, total ada lima pemain PSM Makassar yang dipanggil Shin Tae-yong. Mereka adalah kiper Reza Arya Pratama, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, Dzaky Asraf serta striker Ramadhan Sananta yang kini memperkuat Persis Solo. Meski begitu, menit bermain diberikan kepada Sayuri Bersaudara serta Sananta.

Jelang Piala Asia yang bergulir pada Januari 2024, Shin Tae-yong agaknya tidak akan banyak melakukan eksperimen. Pemain-pemain langganannya kemungkinan besar akan diboyong ke kejuaraan sepak bola empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Catatan Yakob Sayuri di Laga Vs Brunei, Jaminan Agresivitas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya