Catatan Yakob Sayuri di Laga Vs Brunei, Jaminan Agresivitas

PSM Connection sangat terasa dalam kemenangan 0-7 Indonesia

Makassar, IDN Times - Yakob Sayuri tersenyum lebar setelah laga tandang Timnas melawan Brunei Darussalam di matchday ketiga Grup A AFF Cup 2022, Senin kemarin (26/12/2022). Pasalnya, ia mencetak gol perdana untuk Merah Putih dalam kemenangan 0-7 di Stadion KLFA Cheras, Kuala Lumpur (Malaysia).

Pada injury time babak kedua, Yakob mengonversi crossing kiriman Edo Febriansah menjadi gol lewat sundulan. Meski baru turun di menit ke-63, ia juga menjadi kreator asis dua gol lain yakni untuk Ramadhan Sananta (68') dan Marc Klok (86').

Baca Juga: 5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

1. Langsung menjalankan skema direct football saat masuk di babak kedua

Catatan Yakob Sayuri di Laga Vs Brunei, Jaminan AgresivitasYakob Sayuri dalam sesi latihan Timnas Indonesia di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. (Dok. PSSI.org)

Winger PSM Makassar tersebut butuh waktu 291 menit dari lima pertandingan untuk mencetak gol perdana untuk Timnas. Kian istimewa sebab ia pun menyumbang sepasang asis pertama di pentas internasional. Apalagi ini terjadi pada ajang yang sempat ia lewatkan tahun lalu akibat performa Juku Eja yang menurun.

Hanya bermain kurang dari setengah jam, Yakob yang beroperasi sebagai bek sayap kanan memang cuma melepas 11 operan. Tapi semuanya menjadi kunci serangan Indonesia yang langsung menerapkan direct football. Hasilnya, ia mengirim asis berbuah gol pada Sananta enam menit setelah mengganti Asnawi Mangkualam.

2. Satu gol dan dua asis membuat Yakob diberi gelar "Man of the Match"

Catatan Yakob Sayuri di Laga Vs Brunei, Jaminan AgresivitasSelebrasi Saddil Ramdani (7), Yakob Sayuri (2), Ramadhan Sananta (21) dan Dendy Sulistyawan (11) setelah mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam dalam matchday kedua Grup A AFF Cup 2022 di Stadion KLFA Cheras, 26 Desember 2022. (Dok. PSSI.org)

Pengaruh Yakob pada pertandingan ini sangat terasa di sisi kanan. Kemampuannya membaca situasi dan memanfaatkan ruang kosong memberi dampak signifikan. Terlebih Timnas memang memburu banyak gol demi misi lolos ke fase gugur. Tak ayal, pemuda 25 tahun itu langsung diganjar status Man of the Match.

Yakob mempersembahkan momen spesial tersebut pada para suporter setia Timnas, baik yang menonton dari rumah dan datang langsung ke Kuala Lumpur. "Gol (saya) tadi untuk masyarakat Indonesia yang selalu setia mendukung kami," katanya dalam sesi jumpa pers setelah laga kontra Brunei rampung.

3. Ramadhan Sananta juga membuka keran gol untuk Timnas di laga yang sama

Catatan Yakob Sayuri di Laga Vs Brunei, Jaminan AgresivitasSelebrasi striker Indonesia yakni Ramadhan Sananta setelah mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam dalam matchday kedua Grup A AFF Cup 2022 di Stadion KLFA Cheras, 26 Desember 2022. (Instagram.com/m.ramadhansn)

Selain Yakob, Ramadhan Sananta juga membuka keran golnya untuk Timnas. Ujung tombak kelahiran Kepulauan Riau tersebut cuma butuh waktu 59 menit (3 laga), atau sejak lakoni debut pada partai uji coba kontra Curaçao pada 24 September silam. "PSM Connection" amat terasa sebab ia mendapat suplai asis dari Yakob.

"Thanks, God. Sebuah impian yang indah," tulis Sananta dalam unggahan di akun Instagram pribadinya pada Selasa kemarin (27/12/2022).

Kini, keduanya sedang bersiap menjamu Thailand sang pemuncak klasemen sementara Grup A. Duel ulangan final AFF Cup 2020 tersebut akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Kamis besok (27/12/2022). 

Baca Juga: Preview Jelang Duel Indonesia Vs. Thailand di Piala AFF 2022

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya