Wakili Sulsel di Piala Pertiwi, RGC Foundation Siap Unjuk Gigi

RGC Foundation target melaju lampaui babak perempat final

Makassar, IDN Times - Putaran Nasional Piala Pertiwi 2021/22 resmi dimulai pada Jumat ini (18/3/2022). Sebanyak 19 tim dari seluruh Indonesia akan saling jajal di Bandung, Jawa Barat, demi memperebutkan trofi supremasi kejuaraan sepak bola wanita yang setara dengan Piala Indonesia tersebut.

Sulawesi Selatan (Sulsel) diwakili oleh RGC (Rajawali Global Cakrawala) Foundation asal Makassar. Tim tersebut dikenal sebagai jawara level regional sejak berdiri pada tahun 2016. Terakhir mereka jadi kampiun edisi 2021. Berlangsung pada Oktober lalu di Stadion FIK UNM Makassar, RGC mengandaskan Persipangkep Putri di partai puncak.

Baca Juga: Piala Asia Jadi Pengalaman Berharga Timnas Wanita Meski Babak Belur

1. Persiapan intensif jelang terjun ke Piala Pertiwi

Wakili Sulsel di Piala Pertiwi, RGC Foundation Siap Unjuk GigiSalah satu momen pertandingan Grup B Piala Pertiwi Sulsel 2021 antara RGC Foundation dan SSB Permata Sudiang di Stadion FIK UNM Makassar, Oktober 2021. (Dok. RGC Foundation)

Sekretaris Umum RGC Foundation, Nissa Makmur, mengatakan bahwa timnya sudah mempersiapkan diri secara intensif sejak beberapa pekan terakhir.

"Kami melaksanakan latihan rutin setiap hari di lapangan olahraga UNM di bawah pengawasan Dadang Talani selaku pelatih kepala," ujar Nissa saat dihubungi IDN Times pada Kamis malam (17/3/2022). Coach Dadang dibantu oleh dua asisten pelatih yakni Mardiana Majid serta Jessica Virginia, dan Hasyim selaku pelatih fisik.

"Semua ini juga didukung oleh pemberian fasilitas lapangan sepak bola oleh bapak Prof. Husain Syam (Rektor UNM, red.) beserta jajaran, dan didukung pula oleh KONI Sulawesi Selatan dengan fasilitas gym," imbuh Nissa. Untuk putaran nasional, posisi manajer dijabat oleh Ketua Umum Asprov SBWI Sulsel Abdur Razak.

2. Membidik hasil yang lebih baik daripada musim 2018/19

Wakili Sulsel di Piala Pertiwi, RGC Foundation Siap Unjuk GigiSalah satu momen pertandingan Grup B Piala Pertiwi Sulsel 2021 antara RGC Foundation dan SSB Permata Sudiang di Stadion FIK UNM Makassar, Oktober 2021. (Dok. RGC Foundation)

Meski sudah merajai level regional, RGC baru tampil dua kali di Putaran Nasional Piala Pertiwi. Prestasi terbaik mereka sejauh ini adalah menembus babak perempat final musim 2018/19. Saat itu, mereka ditekuk wakil DKI Jakarta lewat drama adu penalti.

Lantas apakah mereka akan coba mengulang capaian tiga tahun lalu, atau malah ingin melaku lebih jauh? Nissa menjawab dengan optimistis.

"Target tim untuk hasil Piala Pertiwi 2021/22 ini (adalah posisi yang) lebih baik daripada edisi 2019," jawabnya.

3. Tergabung di Grup C bersama Bengkulu, Lampung, Kaltim dan Papua Barat

Wakili Sulsel di Piala Pertiwi, RGC Foundation Siap Unjuk GigiPara pemain dan staf pelatih tim RGC Foundation berpose bersama trofi Piala Pertiwi Sulsel 2021 yang mereka raih pada Oktober lalu. (Dok. RGC Foundation)

Tiba di Kota Kembang sejak Kamis malam (17/3/2022), RGC bertolak dengan kekuatan 18 pemain. Mereka tergabung di Grup C bersama utusan Bengkulu (PS Bengkulu Putri), Lampung (Spektra Trisula FC), Kalimantan Timur (Askot Samarinda) dan salah satu wakil dari Papua Barat.

Mereka akan melakoni laga pertama kontra Kaltim pada Jumat sore (18/3/2022) pukul 17.00 WITA. Nissa pun meminta masyarakat Sulsel untuk mendukung perjuangan RGC.

"Mohon doa dan dukungannya, semoga tim ini bisa membanggakan Provinsi Sulawesi Selatan," pungkasnya.

Baca Juga: Komdis PSSI Denda PSM Rp50 Juta karena Pergantian Pemain

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya