Upaya Kalezic Tambal Skuad Jelang PSM vs PS TIRA-Persikabo

Laskar Pajajaran melawat dengan skuad nyaris penuh

Kamis 19 September 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 19.30 WITA

Makassar, IDN Times - PSM menyongsong lanjutan pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 dengan satu lagi episode krisis. Menerima lawatan PS TIRA-Persikabo pada Kamis (19/9) malam, skuad Juku Eja kembali compang-camping. Tak tanggung-tanggung empat pilar penting menyusul ke dalam daftar pemain absen. Sang striker baru, Amido Balde, bahkan harus menepi akibat cedera hamstring.

Adapun sang tamu bertandang dengan kondisi tim nyaris penuh. Minus Osas Saha yang jalani sanksi akumulasi kartu kuning, TIRA-Kabo tetap memboyong seluruh pemain andalan termasuk empat legiun asing andalan. Dengan sepasang hasil imbang beruntun, tim yang bermarkas di Bogor itu hendak memutus puasa kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir.

Baca Juga: PSM Tanpa Sejumlah Pemain Inti, Pelatih PS TIRA-Kabo Tetap Waspada

1. Tanpa Amido Balde, PSM bakal mainkan bola-bola pendek dari kaki ke kaki

Upaya Kalezic Tambal Skuad Jelang PSM vs PS TIRA-PersikaboIDN Times/Istimewa

Berbicara dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu (18/9) sore, pelatih kepala PSM yakni Darije Kalezic berambisi memetik poin penuh di rumah sendiri. Meski tak diperkuat enam pemain andalan, ia masih yakin krisis pemain dapat diatasi. Pelatih berpaspor Swiss itu juga membuka kesempatan kans memberi menit bermain kepada para penggawa muda.

Tanpa Balde dan masuknya Ferdinand Sinaga sebagai ujung tombak, strategi bola atas pun diganti menjadi bola pendek dari kaki ke kaki. "Kalau misalnya kita tak punya pemain jangkung, maka tak perlu bermain dengan bola-bola tinggi. Saya tidak bisa menambah tinggi Ferdinand setengah meter lagi untuk laga besok. Jadi kamu harus memainkan bola-bola bawah," katanya.

2. PS TIRA-Persikabo waspadai motivasi berlebih milik tuan rumah

Upaya Kalezic Tambal Skuad Jelang PSM vs PS TIRA-PersikaboIDN Times/Istimewa

Dalam kesempatan terpisah, Rahmad Darmawan selaku juru taktik PS TIRA-Persikabo enggan terlena dengan situasi timpang PSM. Baginya, tuan rumah tetaplah tim dengan kedalaman skuad dan materi pemain nyaris merata. Alhasil, mantan pelatih Sriwijaya FC itu menginstruksikan Manahati Lestusen beserta kolega agar menjadi fokus sepanjang 90 menit.

"Mereka (PSM) berpotensi amat menyulitkan. Untuk keluar dari situasi tersebut, kita akan benar-benar fokus mengatasi strong point lawan. Sekali lagi, PSM adalah tim yang konsisten menghuni papan atas. Saya rasa kekalahan PSM dari PSIS (dua pekan silam) justru memberi motivasi tambahan. Itu yang harus kami antisipasi," tandas coach RD perihal kesiapan Laskar Pajajaran.

3. Siapa yang berhasil tuntaskan dahaga kemenangan? Juku Eja atau Laskar Pajajaran?

Upaya Kalezic Tambal Skuad Jelang PSM vs PS TIRA-PersikaboANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Hasim Kipuw, Abdul Rahman Sulaeman, Aaron Evans, Taufik Hidayat; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; M. Rizky Eka Pratama, Ferdinand Sinaga, M Rahmat

PS TIRA-Persikabo (4-3-3)

Angga Saputra; M. Guntur Triaji, Khurshed Beknazarov, Andy Setyo Nugroho, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Louise Parfait, Munadi; Loris Arnaud, Ciro Alves, Wawan Febrianto

Baca Juga: Darije Kalezic, Mantan Pelatih PSV yang Resmi Tangani PSM Makassar

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya