PSM Tanpa Sejumlah Pemain Inti, Pelatih PS TIRA-Kabo Tetap Waspada

Absennya Amido Balde dianggap tak berpengaruh signifikan

Makassar, IDN Times - Menantang tuan rumah PSM Makassar dalam lanjutan pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 pada Kamis (19/9) malam, PS TIRA-Persikabo rupanya dalam kondisi siap tempur. Meski dihadapkan pada jadwal padat, si runner-up klasemen sementara tetap pede melawat ke Kota Daeng.

"Sama dengan PSM, kami tak punya waktu berlebih. Kami harus berkejaran dengan jadwal tanding tiap tiga atau empat hari. Kondisi pemain baik. Semua yang bisa bermain kami bawa. Karena setelah ini kami langsung ke Lampung alih-alih kembali pulang ke Bogor," papar pelatih kepala TIRA-Kabo, Rahmad Darmawan, dalam sesi jumpa media jelang pertandingan pada Rabu (18/9) sore.

1. Meski masih berkutat di papan tengah, PSM tetap dianggap bukanlah tim sembarangan

PSM Tanpa Sejumlah Pemain Inti, Pelatih PS TIRA-Kabo Tetap WaspadaLiga-Indonesia.id

Lebih lanjut, coach RD rupanya mewanti-wanti Manahati Lestusen dkk. Sang calon lawan dianggap bukan tim sembarangan meski bergeming di papan tengah klasemen. PSM disebutnya tim dengan filosofi bermain yang sudah matang lantaran sudah dibangun sejak tiga tahun silam. Trofi Piala Indonesia 2018-19 jadi bukti sahih.

Menyoal absennya Amido Balde, eks pelatih Sriwijaya FC itu mengaku hal tersebut tak berpengaruh signifikan. "Amido Balde bagian dari tim PSM yang memang cukup punya kualitas dan menjadi kewaspadaan kita. Namun, PSM punya banyak pemain lain. Saya kenal Ferdinand Sinaga, mungkin saya juga mengenal beberapa pemain yang bisa dimodifikasi ke posisi Balde," lanjutnya.

Baca Juga: Didominasi Juku Eja, Ini Catatan 5 Pertemuan Terakhir PSM vs PS TIRA

2. Manahati Lestusen dkk waspadai motivasi berlebih tuan rumah

PSM Tanpa Sejumlah Pemain Inti, Pelatih PS TIRA-Kabo Tetap WaspadaLiga-indonesia.id

Rahmad menilai Pasukan Ramang punya materi solid dan selalu punya solusi atas krisis pemain. Jadwal ketat di AFC Cup, Piala Indonesia dan Liga 1 membuat PSM terbiasa melakukan rotasi. Absennya sejumlah pilar penting tak lantas membuatnya terkecoh. Namun ia berpendapat yang lebih menyulitkan adalah atmosfir Stadion Andi Mattalatta Mattoanging.

"Mereka (PSM) berpotensi sangat menyulitkan. Untuk keluar dari situasi tersebut, kita akan benar-benar fokus kepada bagaimana strong point PSM. Sekali lagi, PSM adalah tim yang konsisten menghuni papan atas. Saya rasa kekalahan PSM dari PSIS (dua pekan lalu) malah memberi motivasi tambahan. Itu yang harus kami antisipasi," pungkas sosok 52 tahun tersebut.

Baca Juga: Adu Tajam Dua Striker, Ini Head to Head Antar Lini PSM vs PS TIRA-Kabo

3. Sanggupkah RD dan TIRA-Kabo memetik poin di Mattoanging?

PSM Tanpa Sejumlah Pemain Inti, Pelatih PS TIRA-Kabo Tetap WaspadaLiga-indonesia.id

Dalam kesempatan yang sama, salah satu penggawa Laskar Pajajaran yakni Angga Saputra mengaku sudah siap bermain di hadapan lautan merah Mattoanging. "Untuk pertandingan besok, kami sudah sangat siap. Para pemain sudah fit untuk besok malam. Motivasi saya memberikan yang terbaik untuk PS TIRA. Saya cuma percaya diri saja," ujar sang kiper utama.

PS TIRA-Persikabo sendiri punya reputasi sebagai tim tersubur di Liga 1 2019 sejauh ini. Total 39 gol telah dikumpulkan dari 18 pertandingan yang sudah dilalui. Dengan kata lain, mereka melesakkan rata-rata 2,16 gol perlaga. Artinya, absennya Osas Saha akibat akumulasi kartu kuning kemungkinan tak berpengaruh banyak dalam ketajaman lini depan yang sudah dihuni Loris Arnaud dan Ciro Alves.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya