Tiga Pemain Asing PSM Absen Latihan karena Cedera

Ada delapan pemain yang sedang menjalani pemulihan

Makassar, IDN Times - Sepekan sudah skuad PSM Makassar menjalani latihan menjelang putaran kedua BRI Liga 1 2021/22. Namun selama itu pula, daftar pemani yang cedera bertambah.

Dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center (BSC) pada Minggu kemarin (26/12/2021), sebanyak tujuh pemain menjalani latihan terpisah.

Saat dikonfirmasi, dokter tim PSM yakni Hardiansyah Muslimin menyebut sudah ada beberapa nama yang dalam proses pemulihan. Salah satunya yakni Wiljan Pluim.

"Untuk Pluim, tetap pada rencana awal yaitu pemulihan selama 1-2 bulan. Mengingat grade cedera yaitu grade 2 sehingga butuh waktu," ungkapnya pada IDN Times, Senin siang (27/12/2021).

"Minggu ini kita akan rencana MRI ulang untuk melihat progres penyembuhannya," lanjut pria yang biasa disapa Arga tersebut.

Baca Juga: Pelatih Baru PSM Makassar Segera Terbang ke Indonesia

1. Gelandang Bektur Talgat Uulu alami radang di telapak kaki

Tiga Pemain Asing PSM Absen Latihan karena CederaGelandang PSM Makassar yakni Bektur Talgat Uulu dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center (BSC), 22 Desember 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Selain Pluim, ada dua legiun asing lain yang juga sedang dibekap cedera. Mereka adalah stopper Serif Hasic dan gelandang Bektur Talgat Uulu.

Saat ini, Serif masih merasakan sedikit rasa sakit di tendon hamstring. Tim dokter sepakat mengambil tindakan menyuntikkan booster pemulihan.

"Jadi selama 3 hari ini, dia (Serif) hanya istrahat dan terapi, untuk kita lihat progres 4-5 hari ke depan. Diharapkan awal Januari sudah total bergabung sama tim," kata Arga.

Bektur sendiri mendapat radang pada bagian telapak kaki. Menurut dokter Arga, ada beberapa hal yang disinyalir jadi penyebab.

"Biasanya karena kondisi sepatu yang terlalu ketat, alas sepatu yang kurang bagus, atau pijakan yang keras. Untuk sekarang, kita terapi saja sampai nyerinya hilang," jelasnya.

2. Cedera paha membuat Azka Fauzi absen antara 3-5 hari

Tiga Pemain Asing PSM Absen Latihan karena CederaPenyerang PSM Makassar yakni Azka Fauzi dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center (BSC), 22 Desember 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Cedera juga tengah membekap empat pemain lokal. Mereka adalah penyerang Azka Fauzi, bek kanan Dolly Gultom, dan duo winger muda yakni Prince Patrick Kallon plus Rian Firmansyah. Semuanya terjadi pada sesi latihan.

"Azka mengalami tarikan otot grade 1 di paha dalam, untuk sekarang diterapi selama 3 hingga 4 hari," ungkap dokter Arga.

Adapun Dolly Gulton mengalami engkel tertarik grade 1 akibat salah posisi ketika mengontrol bola. Pemain 28 tahun asal Bandung itu sedang jalani terapi di klinik antara 3-5 hari ke depan.

3. Winger muda Prince Patrick Kallon harus menepi akibat benturan di lutut bawah

Tiga Pemain Asing PSM Absen Latihan karena CederaPemain muda PSM Makassar, Prince Patrick Kallon, dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center pada Jumat 8 Oktober 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Prince Patrick Kallon juga sedang jalani terapi selama beberapa hari. Ini lantaran efek benturan di bagian lutut bawah yang ia dapat ketika latihan.

Cedera serius dialami oleh Rian Firmansyah. Menurut hasil pemerikaan, eks penggawa Bali United tersebut mengalami sobek di bagian MCL (Medial Collateral Ligament) dan meniskus lutut.

"Sementara kita jadwalkan untuk MRI untuk melihat seberapa besar masalah pada cederanya," pungkas Arga.

Sebelum ketujuh pemain tersebut, sudah ada bek tengah Abdul Rachman Sulaeman. Cedera lutur kanan membuatnya harus absen hingga akhir musim.

Baca Juga: Profil Asnawi, Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya