TC di Jogja Jelang Liga 1, PSM Bawa 'Skuad Remaja'

Terselip satu pemain berstatus trial yakni Jepri Kurniawan

Makassar, IDN Times - Skuad PSM Makassar melanjutkan persiapan jelang Liga 1 2022/23 dengan mengagendakan pemusatan latihan di Yogyakarta.

PSM membawa 27 pemain dalam training center kali ini, termasuk beberapa nama yang sudah pulih dari cedera. Seperti Ganjar Mukti, Abdul Rahman Sulaeman dan Kenzo Nambu.

Di sisi lain, pelatih kepala Bernardo Tavares seolah tak ingin sekadar sesumbar dengan visi meremajakan skuat. Ia menambah stok pemain muda, dengan kembali mengajak sejumlah binaan akademi berlatih bersama tim utama dalam TC di Kota Pelajar.

Baca Juga: AFC Cup: PSM Jamu Kedah FC di Gianyar Bali, Ini Alasannya

1. Ada enam jebolan PSM U-18 yang dipilih oleh Tavares

TC di Jogja Jelang Liga 1, PSM Bawa 'Skuad Remaja'Beberapa pemain PSM Makassar U-18 di ajang Elite Pro Acadeny U-18 musim 2021. (Instagram.com/yayat7jr)

Stopper Ibnul Mubarak dan striker Mufli Hidayat tak berlama-lama libur setelah kembali dari Inggris. Dua alumnus Garuda Select jilid 4 tersebut kini akan membawa ilmu bal-balan Negeri Ratu Elizabeth, dan juga segala masukan dari duo Dennis Wise - Des Walker, ke dalam strategi racikan Tavares. Mereka bahkan sudah ikut dalam sesi latihan sejak 6 Juli lalu.

Selain duo Ibnul - Mufli, terdapat juga beberapa jebolan PSM U-18 yang sukses menembus perempar final EPA musim lalu. Sebut saja Victor Dethan, Fadel Muhammad, Ananda Raehan Alif serta Muhammad Dzaky Asraf.

Dua nama yang disebut terakhir bahkan sudah mengantongi waktu bermain di ajang Piala Presiden dan AFC Cup. Ananda mendapat 82 menit, sedang Dzaky Asraf lebih lama yakni mencapai 173 menit dari 4 pertandingan.

2. Ada belasan pemain yang masih berumur di bawah 24 tahun

TC di Jogja Jelang Liga 1, PSM Bawa 'Skuad Remaja'Skuat PSM Makassar berpose jelang laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, 27 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Label "tim remaja" layak disematkan ke skuat TC PSM saat ini. Terdapat enam nama lain yang berusia di bawah 24 tahun. Sebut saja Reza Arya Pratama (22), Harlan Suardi (23), Muhammad Ardiansyah (19), Agung Mannan (23), Rizky Eka Pratama (22) plus Ramadhan Sananta (19).

Selain enam penggawa Ramang Muda yang masuk dalam rombongan Jogja, masih ada trio Timnas U-19 yang diberi libur usai membela Garuda Nusantara di ajang AFF Cup U-19. Mereka yakni Edgard Amping, Muhammad Rafli Asrul serta Ricky Pratama.

Lebih jauh, tiga pemain andalan sepanjang pramusim (Samuel Simanjuntak, Vivi Asrizal, Safrudin Tahar) belum bisa bergabung lantaran masih jalani pemulihan cedera. Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, turut mengonfirmasi bahwa kiper Rivky Mokodompit masih izin dari aktivitas tim dengan alasan sakit.

3. Mufli dan Ibnul masuk dalam daftar 27 pemain Juku Eja untuk TC di Jogja

TC di Jogja Jelang Liga 1, PSM Bawa 'Skuad Remaja'Striker Mufli Hidayat (kiri) dan bek Ibnul Mubarak (kanan) dalam sesi latihan PSM Makassar di Lapangan Yonzipur SMG/8 Monconglow Maros, 7 Juli 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Hanya ada satu pemain berstatus trial dalam komposisi Pasukan Ramang sekarang, yakni Jepri Kurniawan. Eks gelandang PSS Sleman tersebut sudah ikut berlatih sejak pekan lalu.

Wiljan Pluim dkk sendiri sudah bertolak ke Jogja pada Jumat sore (15/7/2022). Mereka akan mematangkan komposisi dan strategi jelang lawatan ke markas Super Elja di pekan pembuka Liga 1 2022/23, Sabtu pekan depan (23/7/2022).

Berikut ini daftar pemain PSM untuk dalam pemusatan latihan di Maguwo Football Park.

Kiper : Reza Arya Pratama, Harlan Suardi, Muhammad Ardiansyah

Belakang : Agung Mannan, Yuran Fernandes, Abdul Rahman Sulaeman, Ibnul Mubarak, Ganjar Mukti, Erwin Gutawa, Dallen Doke, Yance Sayuri

Tengah : Wiljan Pluim, Kenzo Nambu, Victor Johnson Dethan, Jepri Kurniawan, Fadel Muhammad, Akbar Tanjung, Bryan Cesar, Yakob Sayuri, Rasyid Bakri, Rizky Eka Pratama, Muhammad Arfan, Muhammad Dzaky Asraf, Ananda Raehan Alif

Depan : Everton Nascimento, Ramadhan Sananta, Mufli Hidayat

Keterangan : Nama yang bercetak miring adalah para pemain yang berusia di bawah 24 tahun.

Baca Juga: Demi AFC Cup, LIB Ubah Jadwal PSM di Liga 1 2022/23

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya