AFC Cup: PSM Jamu Kedah FC di Gianyar Bali, Ini Alasannya

Bukan kali pertama PSM jadikan Bali kandang sementara

Makassar, IDN Times - PSM Makassar resmi memilih Stadion Kapten I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar, Bali sebagai kandang di semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022. Ini dikonfirmasi langsung oleh Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim.

"PSM akan menggunakan I Wayan Dipta untuk menghadapi Kedah Darul Aman FC di babak semifinal," kata pria yang biasa disapa Sule tersebut saat dalam pesan singkat untuk IDN Times pada Kamis malam (14/7/2022). 

Baca Juga: Anco Jansen Sebut Gajinya di PSM Belum Dibayar, Ancam Lapor ke FIFA

1. Manajemen PSM meminjam markas Bali United itu atas beberapa alasan

AFC Cup: PSM Jamu Kedah FC di Gianyar Bali, Ini AlasannyaYakob Sayuri (kiri), Rizky Eka Pratama (tengah) dan Muhammad Dzaky Asraf (kanan) merayakan gol yang dicetak ke gawang Tampines Rovers dalam laga Grup H AFC Cup 2022 yang berlangsung di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Sule mengatakan, pemilihan markas Bali United untuk jadi kandang sementara PSM didasarkan sejumlah alasan. Termasuk jarak, efisiensi, ditambah faktor kesiapan arena berkapasitas 25 ribu penonton tersebut untuk kembali menghelat laga kejuaraan antarklub Asia.

"Pertimbangannya, lebih dekat dari atau ke Makassar. Dan Bali baru-baru saja digunakan untuk pertandingan group stage AFC Cup. Jadi pasti sudah lebih siap," ucap Sule.

Lantaran jarak yang relatif dekat, para suporter PSM tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk datang mendukung langsung tim kesayangan.

2. Bukan kali pertama Pasukan Ramang menggunakan stadion tersebut di kancah Asia

AFC Cup: PSM Jamu Kedah FC di Gianyar Bali, Ini AlasannyaGelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim (tengah) melewati dua bek Lalenok United FC dalam leg pertama babak playoff AFC Cup 2020 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Rabu 22 Januari 2020. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Pengumuman ini terbilang mendadak. Sebab pada awalnya, manajemen Juku Eja memilih Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi sebagai venue kompetisi Asia dalam proses mendapatkan lisensi dari AFC. Nama Stadion Madya GBK Jakarta pun sempat mencuat.

Meski begitu, Pasukan Ramang tak asing dengan Stadion Kapten I Wayan Dipta. Mereka sempat memakainya di musim 2018 sebagai homebase darurat lantaran Mattoanging bermasalah. Leg pertama playoff kualifikasi AFC Cup 2020 antara Lalenok United (Timor Leste) versus PSM juga berlangsung di tempat tersebut.

3. Kedah Darul Alam FC juga menjajal langsung suasana I Wayan Dipta baru-baru ini

AFC Cup: PSM Jamu Kedah FC di Gianyar Bali, Ini AlasannyaSalah satu momen pertandingan babak penyisihan Grup G AFC Cup 2022 antara Kedah Darul Aman FC versus Visakha FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis 30 Juni 2022. (the-afc.com)

Kedah FC sendiri juga berkesempatan menjajal langsung suasana I Wayan Dipta baru-baru ini. Tim berjuluk Sang Kenari tersebut bergabung dalam Grup G bersama Bali United, Visakha FC (Laos) dan Kaya FC-Iloilo (Filipina). Mereka lolos sebagai juara grup berkat aturan selisih gol dalam klasemen mini, meski sama-sama mengoleksi 6 poin dengan Visakha dan Serdadu Tridatu.

Saat ini, PSM sedang fokus bersiap jalani dua laga awal Liga 1 2022/23 melawan PSS Sleman dan Bali United. Mereka berencana jalani pemusatan latihan selama satu pekan di Yogyakarta sebelum jumpa Elang Jawa, Sabtu pekan depan (23/7/2022). Duel melawan Kedah FC sendiri berlangsung pada 9 Agustus mendatang.

Baca Juga: Dua Binaan Akademi PSM Makassar Dipanggil ke Timnas U-16

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya