Anco Jansen Sebut Gajinya di PSM Belum Dibayar, Ancam Lapor ke FIFA

Belum ada tanggapan resmi dari manajemen Juku Eja

Makassar, IDN Times - Kabar tak sedap kembali menerpa PSM Makassar, dan lagi-lagi tentang gaji telat. Hal ini disampaikan langsung oleh penyerang musim lalu, Anco Jansen, melalui unggahan story akun Instagram pribadinya pada Kamis siang (14/7/2022).

Mengawali pesan tersebut, pemain 33 tahun tersebut mengaku menulis keluhannya dengan berat hati. Tapi, eks penggawa NAC Breda itu beralasan bahwa suporter PSM dan pencinta sepak bola harus tahu hal yang ia alami.

"Sejak saya tiba, hampir setiap pembayaran (gaji) terlambat. Ini pada titik sekarang mereka yang jauh di belakang pembayaran saya harus membawa masalah ini ke FIFA," tulisnya di akun @ancojansen50.

1. Anco Jansen menyebut pembayaran gajinya di PSM selalu terlambat

Anco Jansen Sebut Gajinya di PSM Belum Dibayar, Ancam Lapor ke FIFAPemain PSM Makassar Anco Jansen dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center, Kamis 11 November 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Lebih jauh, ia mengaku sudah habis kesabaran lantaran cuma diberi janji perihal gaji. Anco bahkan menyindir mantan klubnya yang sudah berburu pemain saat gaji beberapa pemain belum lunas.

"Saya telah dibohongi dari waktu ke waktu tentang tanggal gaji akan dibayarkan, dan saya tidak akan menerimanya lagi. Ini adalah tim yang mewakili negara dalam kompetisi AFC, ini adalah tim yang merekrut pemain baru ketika pemain lama bahkan belum dibayar," tulisnya. "(Untuk) suporter PSM, Anda layak mendapat yang lebih baik," tutup Anco.

Anco sendiri sudah pensiun dari dunia sepak bola profesional sejak Mei 2022, atau sebulan setelah kontraknya bersama Juku Eja habis.

2. Jadi kali kedua PSM dihantam masalah tunggakan gaji

Anco Jansen Sebut Gajinya di PSM Belum Dibayar, Ancam Lapor ke FIFAAnco Jansen (kiri) dan Adam Mitter (kanan) dalam sesi latihan PSM Makassar di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, Sabtu 5 Februari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Ini menjadi kali kedua secara berturut-turut PSM dihantam masalah keterlambatan membayar gaji pemain. Sebelumnya terjadi pada Februari 2021 silam, ketika Pasukan Ramang langsung disanksi oleh FIFA.

Beruntung, pihak manajemen mampu melunasi tunggakan senilai Rp5,3 miliar kepada 17 pemainnya pada 26 Agustus 2021, atau tepat sepekan sebelum Liga 1 musim 2021/22 dimulai.

Selain itu, salah satu regulasi yang ditetapkan oleh PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru adalah mewajibkan seluruh klub peserta untuk membereskan segala masalah pembayaran. Jika tidak, maka keikutsertaannya dinyatakan batal.

Baca Juga: Kontrak di PSM Makassar Habis, Anco Jansen Putuskan Pensiun

3. Manajemen PSM belum memberi pernyataan resmi terkait masalah gaji mantan pemainnya

Anco Jansen Sebut Gajinya di PSM Belum Dibayar, Ancam Lapor ke FIFAPenyerang PSM Makassar Anco Jansen dalam sesi jumpa pers virtual pra-pertandingan pekan sebelas BRI Liga 1 2021/22 kontra Bhayangkara FC, Jumat 5 November 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Hingga berita ini dibuat, perwakilan manajemen PSM Makassar belum menanggapi permintaan konfirmasi dari IDN Times. Kendati demikian, beredar tangkapan layar chat berisi respons CEO PSM Munafri Arifuddin terkait masalah gaji Anco.

"Ini sudah diselesaikan, aman mi," demikian tanggapan singkat dari Appi'.

Saat ini, Wiljan Pluim dkk sedang bersiap-siap jalani pemusatan latihan di Yogyakarta jelang laga perdana musim baru kontra PSS Sleman.

Baca Juga: Appi dan Adnan Sepakat, PSM Makassar Pusatkan Latihan di Gowa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya