Tampil Spartan, Yance-Erwin Masuk "Best XI" Pekan ke-31 Liga 1

Mereka berperan penting saat PSM menekuk Bhayangkara FC

Makassar, IDN Times - Di tengah masa libur yang bertepatan dengan agenda jeda internasional, dua pemain PSM Makassar kembali diumumkan masuk dalam daftar elit "Bext XI" untuk pekan ke-31 BRI Liga 1 2022-23. Nama duo bek Yance Sayuri serta Erwin Gutawa tertera dalam unggahan akun Instagram @liga1match pada Jumat kemarin (25/3/2023).

Keduanya memang tampil moncer dalam menghalau serangan Bhayangkara FC, lawan mereka saat saling jajal di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, 17 Maret silam. Duel tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan PSM.

Baca Juga: Ramadan yang Tak Terlalu Berpengaruh bagi PSM Makassar

1. Erwin Gutawa sukses mematikan pergerakan gelandang Matias Mier

Tampil Spartan, Yance-Erwin Masuk Best XI Pekan ke-31 Liga 1Pemain PSM Makassar, Erwin Gutawa, saat mengawal pemain Bhayangkata FC Matias Mier dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BI Habibie Parepare, 17 Maret 2023. (Instagram.com/bhayangkarafc)

Bermain penuh, Erwin Gutawa tampil spartan dalam mengawal sektor belakang. Statistik bek kelahiran Bone tersebut juga ciamik. Total ada 19 operan sukses, 4 tekel, 4 clearances dan 5 intersep yang dilakukannya sepanjang pertandingan.

Di sisi lain, Erwin juga bisa meminimalisir ruang gerak gelandang serang andalan The Guardian yakni Matias Mier. Otak permainan tim lawan tersebut tak bisa leluasa mengirim umpan atau merangsek ke kotak penalti sebab selalu ditempel ketat oleh Erwin.

2. Yance Sayuri berperan dalam terciptanya gol pembuka PSM

Tampil Spartan, Yance-Erwin Masuk Best XI Pekan ke-31 Liga 1Pemain PSM Makassar, Yance Sayuri dan Kenzo Nambu, merayakan gol yang dicetak dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022-23 kontra Bhayangkara FC yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat 17 Maret 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Rekan Erwin di sisi belakang,Yance Sayuri, menunjukkan determinasi tinggi saat menyerang dan bertahan. Ia melakukan 19 kali operan ke rekan setim, sekali crossing, sekali dribble sukses, sekali clearance, dan 4 intersep sebelum ditarik keluar pada menit ke-82.

Menyisir sisi kiri pertahanan, ia rutin mengganti tempat dengan Yakob Sayuri yang beroperasi sebagai winger kanan. Yance berperan penting saat menciptakan gol pembuka PSM. Instingnya untuk mengirim umpan silang terukur terbukti tepat, lantaran gelandang Ananda Raehan Alief bisa mengonversinya menjadi gol.

3. PSM melawat ke markas Madura United selepas jeda internasional

Tampil Spartan, Yance-Erwin Masuk Best XI Pekan ke-31 Liga 1Para pemain PSM Makassar berpose jelang laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022-23 kontra Bhayangkara FC yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat 17 Maret 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Saat ini, skuat Juku Eja sedang menikmati libur dan baru berkumpul pada Senin pekan depan (27/3/2023). Meski begitu, ada enam pemain dipanggil untuk pemusatan latihan Timnas Senior dan U-20 di Jakarta. Salah satunya adalah Yance Sayuri, yang jalani training camp pertamanya.

Setelah jeda internasional, PSM akan melawat ke kandang Madura United dalam laga pekan ke-32, Jumat mendatang (31/3/2023). Satu kemenangan akan memastikan anak asuh Bernardo Tavares tersebut sebagai kampiun Liga 1 musim ini.

Baca Juga: Skenario PSM Makassar Juara Lebih Cepat, Tergantung Persija dan Persib

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya