Semringahnya Ramadhan Sananta Borong Dua Gol ke Gawang Myanmar U-22

Ikut andil dalam kemenangan Indonesia U-22 dengan skor 5-0

Makassar, IDN Times - Tanpa gol di partai pembuka cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023, Ramadhan Sananta akhirnya bisa tancap gas pada partai kedua. Ia memborong dua gol dalam kemenangan 5-0 Indonesia U-22 atas Myanmar U-22 dalam matchday ketiga Grup A yang berlangsung pada Kamis kemarin (4/5/2023).

Sananta membuka keran golnya di menit ke-31 lewat tendangan penalti. Gol keduanya pada menit ke-60 tercipta dari skema open play, di mana ia melakukan gerakan cutting inside melewati tiga pemain lawan sebelum melepas tembakan keras.

1. Mengaku senang akhirnya bisa menyumbang gol untuk Timnas U-22

Semringahnya Ramadhan Sananta Borong Dua Gol ke Gawang Myanmar U-22Pemain Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta (kiri) dan Fajar Fathur Rachman (kanan) merayakan gol usai membobol gawang Timnas Myanmar saat pertandingan Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.

Penyerang berusia 20 tahun tersebut mengaku senang akhirnya bisa catatkan nama di papan skor. Ia memang sudah penasaran sejak laga lawan Filipina U-22 pekan lalu. Saat itu, Sananta tak berkutik dalam kawalan bek-bek lawan dan bahkan sulit mendapat peluang. Belum lagi ia diterpa teriknya matahari sore Kamboja.

"Alhamdulillah pertandingan hari ini kita bisa meraih kemenangan. Di laga ini, kami, tim pelatih (dan) semua sudah bekerja untuk melakukan yang terbaik dan alhamdulillah bisa meraih kemenangan," ungkap penggawa PSM Makassar tersebut dalam sesi jumpa pers selepas laga yang berlangsung di Olympic Stadium Phnom Penh tersebut.

2. Penampilannya lebih baik ketimbang pada laga pertama kontra Filipina

Semringahnya Ramadhan Sananta Borong Dua Gol ke Gawang Myanmar U-22Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kanan) menendang bola dibayangi penjaga gawang Timnas Filipina Quincy Julian Kammerad (kiri) saat pertandingan perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.

Berdasarkan statistik yang disusun LapangBola.com, Sananta tampil lebih baik kala bersua Myanmar kemarin. Meski cuma bermain selama 60 menit, ia bisa melepas tiga tembakan tepat sasaran ke gawang lawan yang dijaga Pyae Phyo Thu, di luar tembakan penaltinya. Tak lupa, ia juga membuat 5 operan sukses.

Sedangkan saat Indonesia menang atas Filipina, anak muda kelahiran Kepulauan Riau tersebut hanya membuat dua peluang yang jauh dari sasaran. Alhasil, ia langsung diganti dengan Irfan Jauhari pada menit ke-71.

Baca Juga: Ramadhan Sananta Belum ke TC Timnas U-23, PSM Sudah Minta Izin

3. Sudah ada tiga gol yang dilesakkan Sananta pada ajang internasional

Semringahnya Ramadhan Sananta Borong Dua Gol ke Gawang Myanmar U-22Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta (kanan) berusaha melewati hadangan pesepak bola Timnas Lebanon U-22 Ali El Fadel (kiri) dalam pertandingan Internasional Friendly Match di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (14/4/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Lebih jauh, Sananta mempersembahkan dua gol ke gawang Myanmar untuk orang tuanya yang selalu mendukung. Ia pun mengaku siap mencari gol tambahan di ajang dua tahunan tersebut. "Gol ini bukanlah segalanya, semoga ke depan saya bisa lebih kerja keras lagi dan bisa mencetak gol lagi ke depannya," kata Sananta.

Saat ini, jebolan PS Harjuna Putra tersebut sudah tiga kali menjebol gawang lawan di ajang internasional bersama Timnas Indonesia. Gol debutnya ia ciptakan pada babak penyisihan grup AFF Cup 2022 lalu.

Baca Juga: Empat Pemain PSM Dipanggil ke Timnas, Ada Sayuri Bersaudara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya